Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upaya pencegahan dan mewaspadai peredaran Uang Palsu (Upal), termasuk menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 dengan mengintensifkan sosialisasi dan patroli di kawasan keramaian.

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko melalui kasubbag Humas Iptu Ghandi Ranu S, di Kandangan, mengatakan sosialisasi merupakan langkah awal yang dilakukan langsung ke masyarakat agar semua lapisan secara dini mengetahui ciri-ciri uang palsu.

“Saat ini sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara mengenali uang palsu seperti 3D, yaitu dilihat, diraba dan diterawang,”katanya.

Baca juga: Polres HSS Gelar Sosialisasi dan Patroli Cegah Peredaran Uang Palsu

Menurut dia, Sosialisasi dilakukan dengan cara menunjukan langsung kepada masyarakat teknik untuk mengetahui mana uang palsu dan asli.

Selain melakukan sosialisasi, jajaran Polres HSS juga melakukan patroli di tempat-tempat keramaian atau daerah rawan beredarnya uang palsu seperti di pasar, warung, perbankan  dan tempat transaksi lainnya.

Patroli juga terus dilakukan untuk mencegah peredaran uang palsu, dan sampai saat ini belum ada kasus yang ditangani pihak dia, namun langkah antisipasi terus dilakukan, supaya peredaran upal tidak terjadi di wilayah Kabupaten HSS.

Baca juga: Aksi Pencurian Uang MTsN 3 HSS Terekam CCTV

Ditambahkan dia, bagi warga menemukan atau mendapatkan diduga uang palsu jangan sampai menggunakan atau bertransaksi dengan uang tersebut, dan silakan segera laporkan ke polisi terdekat temuan diduga uang palsu tersebut.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018