Pada akhir April 2018, Provinsi Kalimantan Selatan bakal menjadi tuan rumah kegiatan nasional yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 2.000 orang yakni Jambore Masyarakat Gambut (JMG) 2018 yang akan dilaksanakan di Desa Kiram, Karang Intan Kabupaten Banjar.

Sekretaris Panitia Pelaksana Jambore Masyarakat Gambut (JMG) 2018 H. Gusti Nurpansyah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dari Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk kedua kalinya dilaksanakan tahun ini setelah tahun 2017 lalu Jambore serupa juga dilaksanakan di Provinsi Jambi.

Acara Jambore tahun ini mengangkat tema "Rayakan Gambut Pulihkan Indonesia" itu dijadwalkan berlangsung pada 28 – 30 April 20018 diikuti sekitar 2.000 orang peserta berasal dari tujuh provinsi yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan tentunya yang melibatkan masyarakat, dinas terkait, TRGD, kepala daerah, Badan Restorasi Gambut serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pertanian, Kementarian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Rencananya Jambore kali ini akan dihadiri dan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," katanya.

Jambore Masyarakat Gambut merupakan tempat masyarakat saling bertukar informasi, berbagi pengetahuan, pengalaman dalam pengelolaan gambut yang ramah, berkeadilan dan mengedepankan kearifan lokal.

Masyarakat memiliki pengetahuan sistem hidrologi alami di lahan gambut, sistem handel dan sekat (tabat) seperti di Kalimantan Selatan dan Tengah yang terbukti dapat menjaga gambut agar tetap basah. 

Tanaman lokal yang dibudidayakan di lahan gambut juga mempunyai kemampuan adaptasi lingkungan yang baik, kata Nurpansyah yang juga selaku Tim Ahli Restorasi Gambut TRGD Kalsel.

Jambore Masyarakat Gambut nanti mewadahi beragam aktivitas kegiatan diantaranya rapat pleno, dialog kebijakan, forum aksi dan panggung inovasi rakyat, pondok belajar gambut atau disebut juga pondok harapan, tenda berbagi tematik dengan beragam tema terkait gambut, klinik gambut, panggung seni dan nonton bareng, pameran teknologi tepat guna hingga Pasar Gambut.

 
Suasana Rapat Persiapan JMB 2018 (Ist)

Guna mempersiapkan kegiatan nasinal itu, telah dilaksanakan rapat perdana persiapan Panitia Jambore Masyarakat Gambut 2018 yang dihadiri berbagai stakeholder terkait melibatkan banyak pihak dan lintas Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dari Pemprov Kalsel, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Kalsel serta dihadiri juga perwakilan kedeputian 3 Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan  Badan Restorasi Gambut (BRG).

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018