Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-Badan Perencanaan Pembangunan  Nasional (Bappenas) menggelar rapat koordinasi dan meninjau langsung progress proyek Pelabuhan Laut Swarangan dan Kawasan Strategis Nasional Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (22/3).

“Dalam pertemuan itu  dilakukan diskusi bersama SKPD terkait guna mengetahui kendala kendala yang menghambat pembangunan Pelabuhan Swarangan dan Kawasan Industri Jorong,” ujar Pjs Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani, di Pelaihari.

Dia berharap, dari pertemuan Pemkab Tanah Laut dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dapat memberi jalan keluar untuk percepatan pembangunan proyek prioritas tersebut.

“Pertemuan ini mampu tercipta singkronisasi antara program pusat dengan program kabupaten, sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat Tanah Laut,” terangnya.

Seusai melakukan pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi Pelabuhan Swarangan dan Kawasan Industri Jorong.

Perencana Muda Bappenas Lilis Widyawati mengutarakan,  tujuan berkunjung ke Tanah Laut dalam rangka pemantauan sekaligus evaluasi terhadap pengembangan Kawasan Strategis Nasional yakni,  pembangunan Pelabuhan Swarangan dan Kawasan Industri Jorong.

Dia mengatakan, banyak aspek yang harus diperhatikan contohnya  akses jalan, listrik dan penyediaan sumber daya manusia yang nantinya dipekerjakan di kawasan tersebut.

Lebih lanjut dia mengemukakan,  fasilitas lainnya yang perlu ditambah adalah,  penyediaan air bersih karena saat  masih kurang dan tentunya juga harus perlu dipersiapkan.

"Target 2019 sudah siap beroperasi dan kita akan pantau terus pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan dan Kawasan Industri Jorong," ucapnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018