Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kota Banjarmasin Noval menyatakan, warga di daerah pinggiran utara Kota Banjarmasin mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.


Menurut politisi Partai Hanura tersebut di gedung dewan kota, Selasa, keluhan warga tentang kesulitan air bersih tersebut saat pihaknya menggelar kegiatan reses di Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara, Selasa.

"Jadi yang utama warga Alalak Utara sampaikan aspirasinya kepada kita adalah sulitnya mereka mendapatkan air bersih, karena distribusi air PDAM sangat kecil mengalir hingga ke wilayah mereka," paparnya.

Dikatakan Noval, tekanan distribusi air bersih dari PDAM Bandarmasih milik pemerintah kota tersebut dinyatakan warga tidak maksimal, hingga tidak bisa memenuhi kebutuhan ribuan rumah di daerah tersebut.

"Apalagi saat misalnya ada terjadi masalah kemacetan distribusi, karena pipa pecah atau lainnya, distribusi ke daerah sana baru normal seperti biasa hingga beberapa hari," tuturnya.

Harusnya, kata Noval, jika terjadi masalah seperti itu, PDAM Bandarmasih harus melakukan distribusi manual atau truk tangki air secara intensif, agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sebab air bersih inikan masuk kebutuhan utama manusia, sehingga kita minta kedepannya ini distribusi air bersih ke wilayah Alalak Utara ini diperbaiki, hingga tekanannya bisa tinggi, sebagaimana pelayanan di wilayah tengah kota ini," paparnya.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin Agus Suprapto menyatakan, masalah kesulitan air bersih di daerah Alalak Utara ini sebenarnya sudah lama pihaknya sampaikan ke pemertintah kota.

Namun sayangnya, sambung politisi Golkar itu, hingga sekarang belum juga direalisasikan perbaikannya, sehingga masyarakat terus menerus menyampaikan keluhannya.

Dari itu, ucap Agus, pihaknya di dewan akan memprioritaskan masalah ini untuk bisa diperjuangkan, sehingga masyarakat di daerah pinggiran, tidak hanya di daerah Alalak Utara pastinya, akan mendapatkan keadilan mendapatkan air bersih.

"Kita percaya PDAM Bandarmasih bisa memberikan solusi atau langkah nyata untuk memperlancar distribusi air bersihnya ke daerah pinggiran tersebut, sehingga warga di sana tidak mengeluh lagi," pungkasnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018