Banjarbaru (Antara) - Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Said Abdullah, siap merubah mental aparatur sipil negara sehingga mampu menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.


"Kami siap merubah mental ASN sehingga mereka benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai aparatur pemerintah dan pelayan masyarakat," ujarnya di Banjarbaru, Senin.

Disebutkan, perubahan mental yang ingin dicapai adalah sikap dan perilaku ASN yang siap melayani masyarakat dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya.

"Setiap ASN harus memiliki mental yang baik, disiplin tinggi dan menjauhi segala bentuk pelanggaran hukum yang bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap mereka," ungkapnya.

Ia mengatakan, langkah yang akan dilakukan untuk merubah mental setiap aparatur yakni memberikan pemahaman mengenai agama khususnya bagi ASN yang beragama Islam.

Dijelaskan, agama merupakan satu-satunya usaha untuk mengerem segala bentuk perbuatan yang bertentangan dengan aturan hukum sehingga aparatur harus benar-benar memahaminya.

"Setiap ASN memiliki kesempatan dan niat. Untuk kesempatan, mereka sudah pasti menjalani melalui jenjang karier sehingga tinggal niat apakah berbuat baik atau sebaliknya," ucap dia.

Ditekankan, jika niatnya baik maka ASN akan mendapatkan kebaikan, tetapi jika niatnya kurang baik maka dampak buruknya pasti akan dialami aparatus yang bersangkutan.

"Hanya agama yang mampu hentikan niat tidak baik sehingga kami berupaya memberikan pemahaman agama bagi setiap aparatur agar mereka bekerja baik dan sungguh-sungguh," ucapnya.

Menurut dia, disiplin yang ditanamkan maupun aturan yang diberlakukan hanya bersifat menutup kesempatan, tetapi tidak menutup pintu niat sehingga niat itu yang berupaya dihilangkan.

"Terutama niat kurang baik sehingga setiap aparatur tidak melakukan sesuatu yang salah jika niatnya sudah baik. Soal kesempatan, jika niat sudah jahat maka sekecil apa pun pasti dilakukan," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya siap memberikan keteladanan terhadap seluruh ASN agar mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan diharapkan diikuti setiap ASN mulai dari pejabat hingga staf.

"Kami siap memberikan keteladanan baik terkait disiplin maupun perilaku baik lainnya dan aparatur mulai pejabat dan staf harus saling mengingatkan sehingga bisa bekerja baik," katanya.







(T.KR-YRZ/B/H005/H005) 12-03-2018 21:54:51

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018