Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Parade Banjarmasin Festival (BSF) yang merupakan puncak kegiatan BSF, Sabtu pagi di Banjarmasin meriah dengan diikuti ribuan peserta.

Pantauan di lapangan, parade tersebut, tidak hanya diikuti  dari kalangan kalangan karyawan Pemkot Banjarmasin dan jajarannya, tetapi juga kalangan organisasi kemasyarakat, pelajar, mahasiswa, dan komunitas.

Parade berjalan kaki yang mengambil rute Jalan Lambung Mangkurat dari balaikota Jalan RE Martadinata, terus ke Siring Tendean tersebut panjang peserta hampir satu kilometer.

Parade didahului oleh pemain drum band yang memainkan alatnya secara atraktif dengan menggunakan  kostum kain sasirangan.

Barisan kedua diiiringi oleh ibu-ibu PKK yang dipimpin Ketua PKK yang juga isteri Wali Kota Ibnu Sina, Siti Wasilah, juga menggunakan kebaya kain sasirangan.Hanya saja kelompok ibu-ibu isteri pejabat Pemkot Banjarmasin tidak berjalan kaki, tetapi menggunakan kendaraan semacam kereta, seraya mereka melambai-lambaikan tangan ke masyarakat yang menyaksikan parade tersebut.

Setelah itu baru diingi oleh para karyawan semua SKPD yang ada di Pemkot Banjarmasin, seraya mereka membawa spanduk nama SKPD masing-masing tentu dengan ajakan "Yu Kita Pakai Kain Sasirangan."

Selain itu, juga ada kelompok pakaian Etnik. Seperti layaknya para model,  sekitar 30 peserta pakaian etnik  ini, memberikan nuansa tersendiri dalam parade tersebut.

Tak kalah menarik, ratusan anak sekolah berpakaian seragam sairangan menggelar kain sepanjang ratusan meter seraya berjalan kaki mengikuti parade tersebut, kain tersebut merupakan hasil dari olahan (menyirang) secara massal oleh mereka sendiri.

Kemudian yang cukup atraktif kelompok sepeda ontel dari Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban), dengan aneka pakaian etnik, pakaian jadul, aneka pakaian lainnya semuanya juga menggunakan kain sasirangan.

Bahkan kelompok ontelis ini membawa pengeras suara yang cukup nyaring, seraya membunyikan lagu-lagu berbahasa Banjar dengan syair syair kocak.

Parade tersebut berakhir di panggung hiburan Siring Tendean, di mana sudah menunggu puluhan pejabat, anggota DPRD Banjarmasin, serta pejabat terkait lainnya termasuk TNI dan Polri.

Aneka hiburan juga ditampilkan di panggung tersebut diantaranya Madihin Kocak oleh Anang Syahrani dan atraksi lainnya.

BSF yang berlangsung dari 7-11 Maret ini, merupakan BSF untuk kedua kali ini, menampilkan berbagai rangkaian acara untuk menyemarakan agenda wisata nasional ini.

Di antaranya menyirang oleh 150 pelajar dan 100 komunitas, lomba motif sasirangan, parade massal 4000 peserta mengambil star dari Balaikota, kemudian Fashion show, penobatan ambasador, pemilihan putri muslimah dan pemuda pelopor, bazar dan ekspo yang diikuti 50 stand dari seluruh kabupaten, kota se- Kalsel, serta forum diskusi sasirangan.
     
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018