Banjarmasin (Antaranews Kalsel)- Kota Banjarmasin memperoleh penghargaan rekor MURI soal keberadaan taman vertikal (vertikal garden), karena dinilai terbanyak di bandingkan di wilayah manapun di tanah air.

"Penghargaan ini patut diapresiasi, karena usaha kita telah memperoleh penilaian tersendiri dari MURI," kata Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, di Banjarmasin, Jumat.

Kepada wartawan di sela-sela peninjauan lokasi taman vertikal bantuan yayasan anak bangsa yang merupakan bagian dari kegiatan CSR PT Sampoena, di Jalan S Parman Banjarmasin, Ibnu Sina merasa gembira adanya penghargaan itu yang diharapkan menjadi pemicu agar Kota Banjarmasin lebih banyak berbuat lagi untuk lingkungan.

Selain itu keterlibatan PT Sampoena untuk ikut memperhatikan lingkungan Kota Banjarmasin, juga diharapkan akan memancing pihak perusahaan lain untuk berbuat serupa.

"Pokoknya semakin banyak pihak yang terlibat dalam menjaga lingkungan Kota Banjarmasin, di harapkan Kota Banjarmasin kian indah, sejuk, rindang, dan elok," katanya.

Ia sendiri selama ini menilai keterlibatan masyarakat untuk menghijaukan kota ini sudah mulai keliatan, dengan munculnya banyak komunitas yang peduli terhadap lingkungan.

Banjarmasin ada komunitas yang disebut Forum Komunitas Hijau, Masyarakat Peduli Lingkungan, dan komunitasSepeda Antik Banjarmasin, yang kesemuanya mengaktifkan organisasi tersebut mendukung pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan supaya lebih bersih dan indah.

Apalagi Banjarmasin dengan Motto "Baiman" (Barasih wan Nyaman) maka memerlukan partisipasi tersebut, karena pemerintah tak mungkin bisa mengerjakan sendiri.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Drs Mukyar mengakui Banjarmasin terbanyak memiliki taman vertikal sehingga memperoleh penilaian dari pengelola rekor MURI.

Pembangunan taman vertikal ini dimulai 2015 dan ada sekitar 30 ribu tanaman yang sudah ditanam, tetapi jumlah itu belum mencukupi untuk dibuat rekor MURI.

Oleh yayasan anak bangsa dari CSR Sampoerna dibantu dengan 1600 tanaman lagi di sekitar Jalan S Parman, sehingga jumlah tanaman yang ada di taman vertikal Banjarmasin menjadi 32 ribu tanaman, sehingga mencukuri memperoleh penghargaan rekor MURI.

Ini kota pertama yang memperoleh rekor MURI dalam hal kota yang memiliki taman vertikal tersebut, dan itu disyukuri.

Penyerahan piagam rekor MURI tersebut diserahkan utusan Jaya Suprana dari Semarang yang diterima oleh Wali Kota Ibnu Sina.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018