Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS minta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar cermat dan teliti dalam meverifikasi para calong anggota legislatif (caleg) yang akan maju baik menggunakan jalur parpol, terlebih lagi melalui jalur independen.

Permintaan Noormiliyani ini disampaikannya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Batola, di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Rabu (7/3).

"Saya harapkan segala yang berkaitan dengan persyaratan agar benar-benar diteliti secara tepat dan cermat. Demikian pula bagi yang berijazah paket harus diperiksa secara maksimal," tukasnya sembari mengutarakan pengalaman kejadian pada Pemilu Legislatif Tahun 2014.

Oleh karena itu, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel mengharapkan, agar pengalaman tidak terulang lagi hendaknya para anggota PPK dapat menjalankan tugas secara konsen.

Lebih-lebih tugas yang dilaksanakan, sebut dia, bukan hanya tanggungjawab kepada diri pribadi tetapi juga kepada masyarakat serta kepada Allah SWT.

Selain menyinggung persyaratan caleg, dalam pelantikan yang juga dihadiri Ketua KPU Batola Nanang Kaderi, Ketua Bawaslu, para anggota forkopimda, dan para camat, Noormiliyani juga mengharapkan, anggota PPK benar-benar melaksanakan tugas membantuKPUD dalam meminimalisir munculnya permasalahan dengan melakukan proses penetapanDaftar Pemilih Tetap (DPT) secara cermat agar tidak ada lagi orang yang sudah meninggal masuk dalam DPT.

Hal yang tak kalah penting diingatkan bupati, menyangkut proses perhitungan suara pasca pemilihan.

Dia minta, saat perhitungan setiap anggota PPK benar-benar melakukan dengan teliti, sehingga hasilnya selain benar-benar dapat dipertanggungjawabkan baik secara pribadi maupun kelembagaan serta menjadi penentu terpilihnya presiden dan wakil presiden tahun 2019-2023, anggota DPD, DPR, dan anggota DPRD tahun 2019.

Isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad ini juga minta seluruh anggota PPK yang baru dilantik agar bersungguh-sungguh dalam mempelajari dan memahami tugas dan kewenangan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Berpegang teguhlah pada pedoman azas penyelenggaraan pemilu yang mandiri, jujur danadil serta dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang telah diamanahkan dengan selalu mengedepankan sikap keterbukaan
dan netralitas," pintanya.

Pelantikan anggota PPK se-Batola itu dilaksanakan Ketua KPUD Batola, Nanang Kaderi SH di hadapan Bupati Hj Noormiliyani, para forkopimda, Ketua Bawaslu, dan para camat se-Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018