Kandangan(Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lomba Desain Sasirangan se- Kabupaten HSS, saat puncak Hari kesatuan gerak pkk ke-46, di Pendopo Kabupaten.

Panitia Penyelenggara Lomba Desain Sasirangan, Nurul Yuda, di Kandangan, Senin (5/4), mengatakan, lomba tersebut merupakan agenda tahunan Tim Pengerak PKK Kabupaten HSS dalam rangka mengangkat potensi Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) HSS.

"Di tahun 2018 ini, seluruh peserta lomba se kabupaten HSS, diwajibkan desain sasirangan motif ketupatnya dipesan di perajin wilayah HSS, dan akan lebih baik lagi, jika memesannya diperajin sasirangan yang ada di kecamatan masing masing,"katanya.

Dijelaskan dia, hal iniberbeda dari tahun tahun sebelumnya, karena biasanya lomba desain sasirangan motif ketupat khas HSS ini, boleh dipesan diperajin luar HSS, seperti Banjamasin, tahun ini harus dari pengrajin lokal HSS.

Tujuan diselenggarakannya lomba tersebut, selain untuk menghidupkan UMKM setempat, juga untuk merealisasikan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS.

Lomba membudayakan cinta produk daerah, meningkatkan keterampilan dalam mendesain dan memadankan warna,dan dalam perlombaan dipastikan ada kalah dan menang.

"Jadikanlah kegiatan ini sebagai acuan untuk meraih yang lebih baik lagi di masa mendatang dan menumbuhkan kreatifitas pengrajin lokal kita agar makin bersaing dengan produk dari luar dari,"katanya, disela kegiatan lomba, Senin (5/3) pagi.

Menurut dia, berdasarkan tampilan seluruh desain sasirangan yang dipajang, sudah menunjukkan adanya kreasi kain Sasirangan yang sangat bagus.

Untuk penilaiannya, melalui hasil voting kepala SKPD yang hadir, berdasarkan nilai tertinggi, itulah pemenang desain sasirangan ketupat khas nya Hulu Sungai Selatan.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara pertama diraih Kecamatan Daha Utara, juara kedua diraih Kecamatan Kandangan, juara ketiga diraih Kecamatan Sungai Raya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018