Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, meluncurkan program pembuatan surat izin mengemudi (SIM) bagi pelajar, yang sudah memenuhi syarat untuk memiliki kelengkapan berkendara itu.

Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Takdir Mattanete di Martapura, Kamis mengatakan, peluncuran program kreatif yang dinamakan "SIM Sweet Seventeen Day" sudah dilakukan pada Rabu (28/2).

Menurut Kapolres yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Indra Agung Perdana Putra, program diperuntukan bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Ditekankan, program yang dijalankan Satuan Lalu Lintas akan berperan besar menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah kabupaten setempat.

"Melalui program ini diharapkan makin banyak pelajar memiliki SIM agar mereka benar-benar mengetahui tata tertib berlalu lintas guna menekan kecelakaan," ucapnya.

Ditambahkan Indra, khusus pada hari peluncuran diserahkan 40 lembar SIM bagi pelajar yang dinyatakan lulus seleksi teori maupun uji praktek dari 80 sekolah menengah atas di kabupaten itu.

"Penyerahan SIM kepada 40 pelajar itu dirayakan seperti pesta ulang tahun yang dilengkapi kue dan tiup lilin, sehingga mereka yang menerima SIM seolah diberi kado ultah," ungkapnya.

Disebutkan, tujuan program adalah memberikan edukasi dan pengetahuan kepada pelajar mengenai pentingnya memiliki SIM sebagai salah satu syarat kelengkapan berkendaraan.

"Setiap pelajar harus menyadari pentingnya SIM karena itu menjadi bukti mereka cakap dalam berkendara dan mengetahui aturan berlalu lintas untuk mencegah risiko kecelakaan," ujarnya.

Dikatakan, kondisi itu yang membuat proses pengurusan SIM harus mengikuti prosedur mulai tes tentang tata tertib berlalu lintas maupun tes praktek yang wajib diikuti pemohon SIM.

"Semua itu bertujuan agar setiap pengendara memiliki kecakapan dalam berkendara sehingga mereka menyadari pentingnya mentaati lalu lintas dan bisa terhindar dari kecelakaan," katanya.

(T.KR-YRZ/B/K007/K007) 01-03-2018 08:12:32

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018