Kandangan, (Antaranews Kalsel) -Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapat alokasi Asuransi Ternak Usaha Sapi/Kerbau (AUTS/K) dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 200 ekor sapi tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Fathurahman, di Kandangan, mengatakan AUTS/K khusus bagi peternak sapi atau kerbau,  karena usaha ternak memiliki resiko baik itu disebabkan karena dicuri, sakit ataupun musibah kematian.

“Menghindari resiko dalam usaha ternak dan menjaga populasinya tetap produktif, maka peternak sapi indukan dapat ikut asuransi,”katanya.

Dijelaskan dia, asuransi ini berlaku untuk hewan indukan atau siap bunting yang berumur satu tahun, biayanya menggunakan pola subsidi,  sebagian pembayaran premi bersumber dari dana pemerintah dan sebagian lagi merupakan dana mandiri dari peternak.

Harga pertanggungan sebesar Rp10 juta per ekor dengan jangka waktu pertanggungan atau polis satu tahun, dan masa pendaftarannya dilakukan Januari – Desember 2018 melalui PT Jasindo.

Kabid Peternakan Abdullah Faridi, menambahkan satu polis asuransi hanya sebesar Rp200 ribu,  80 persen biaya asuransi di tanggung pemerintah, peternak hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 40 ribu saja setiap tahunnya per ekornya.

"Program AUTS/K di Kabupaten HSS sudah disosialisasikan kepada peternak, supaya para peternak mengetahui dan bisa mengasuransikan hewan ternaknya untuk mencegah kerugian,"katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018