Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melakukan pembenahan di sejumlah obyek wisata salah satunya Goa Liang Kantin di Kecamatan Jaro.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Lilis Marta Diana mengakui selama ini jumlah pengunjung di Goa Liang Kantin masih rendah.

"Minimnya jumlah pengunjung di Goa Liang Kantin jadi motivasi untuk membenahi wisata alam ini agar lebih menarik," jelas Lilis.

Meski panorama alam menuju Goa Liang Kantin cukup bagus namun akses jalan yang sempit menuju lokasi jadi penyebab kurangnya jumlah pengunjung dan wisatawan.

Lilis menyampaikan sejak 2009 Goa Liang Kantin sudah terdaftar sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Tabalong.

Namun kondisinya yang kurang terawat menyusul banyaknya sampah di sekitar Goa baik di bagian luar dan dalam juga dikeluhkan sejumlah pengunjung.

Satu warga Tanjung Erwin bahkan menemui sejumlah pelajar berpacaran di sekitar lokasi Goa Liang Kantin.

"Selain bisa memperhatikan kebersihannya Goa Liang Kantin harus dilengkapi fasilitas pendukung seperti toilet dan tempat bersantai yang tertata," jelas Erwin.

Selain Goa Liang Kantin di Kecamatan Jaro obyek wisata alam lainnya seperti Goa Liang Pundun, Goa Liang Tapah hingga Tanjung Puri juga akan dibenahi guna mengembangkan sektor pariwisata di `Bumi.Saraba Kawa` ini.

Lokasi Goa Liang Kantin sendiri sekitar 60 kilometer dari kota Tanjung dan berada tak jauh dari ruas jalan trans Kalimantan. 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018