Paringin, (Antaranews Kalsel) - Media Center yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika tiga kabupaten, yakni Kabupaten Balangan, Tabalong, Banjar dan Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai media center daerah terbaik dan teraktif se-Indonesia periode 2017.

Penghargaan tersebut langsung diberikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Rosarita Niken Widiastuti di sela-sela acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Media Center Daerah yang diadakan di Hotel The Margo Depok, Rabu (21/2).

Kabupaten Balangan sendiri berhasil meraih penghargaan kategori Media Center daerah terbaik dan teraktif untuk kategori Kabupaten/Kota se-Indonesia tahun 2017.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan, Gunawan, saat secara langsung menerima penghargaan tersebut mengungkapkan kegembiraannya.

"Tentu kita semua bangga, karena Media Center Kabupaten Balangan bisa menjadi salah satu dari 10 besar yang mendapatkan penghargaan untuk kontribusi artikel berita, selain itu ini akan menjadi pemicu semangat bagi kita semua untuk terus berkontribusi lewat tulisan dan foto," ujarnya.

Dikatakan, penghargaan yang didapatkan ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa ditingkatkan lagi ke depannya. Kontribusi baik berupa artikel berita dan juga foto tentang Kabupaten Balangan harus lebih banyak lagi, terlepas dari berbagai kendala yang ada.

"Perlahan kita benahi kendala-kendala tersebut, agar kontribusi berita tentang Balangan ke website infopublik.id bisa maksimal, sehingga Balangan makin dikenal di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Balangan, Enggo Widodo menyampaikan kegembiraannya atas penghargaan tersebut.

"Ini adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas seluruh anggota tim Media Center Kabupaten Balangan. Dengan segala keterbatasan yang ada, kita melakukan apa yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Diakuinya, untuk saat ini kru yang dimiliki oleh Media Center Balangan masih sangat minim. Demikian juga fasilitas peralatan yang masih terbatas.

Oleh karena itu, dikatakan Enggo, untuk menyiasatinya, pihaknya bekerja sama dan bersinergi dengan pihak lain yang memiliki konsen dalam hal jurnalistik.

"Kita sangat berterima kasih, terutama kepada pimpinan dan semua pihak yang berkontribusi, termasuk SOPD maupun masyarakat yang menjadi sumber informasi dan inspirasi, sehingga bisa dikemas menjadi artikel berita dan berhasil tayang di portal infopublik.id milik Kemenkominfo RI," ucapnya.

Lebih lanjut Enggo meyakini bahwa pengelolaan Media Center Balangan akan lebih baik lagi ke depannya. Ia pun menargetkan meraih penghargaan lain selain artikel berita, yaitu berita foto.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti memberikan penghargaan kepada media center yang teraktif dalam memberikan kontribusi berita dan foto ke InfoPublik.id.

Sesuai data di infopublik.id, Media Center yang aktif berkontribusi berita kategori provinsi diberikan kepada Dinas Kominfo Provinsi Riau dengan jumlah kontribusi 8.077 berita, dan diterbitkan 4.443 berita. Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dengan jumlah kontribusi 3.186 berita, diterbitkan 2.393 berita.

Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo dengan kontribusi 757 berita, diterbitkan 615 berita. Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah kontribusi 1.106 berita, diterbitkan 563, dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan dengan kontribusi 636 berita, diterbitkan sebanyak 403 berita

Kemudian, Media Center yang aktif berkontribusi berita kategori Kabupaten/kota diberikan kepada Dinas Kominfo Kota Batam jumlah kontribusi 1481, terbit 1.196. Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep jumlah kontribusi 1360 berita, terbit 1.062.

Dinas Kominfo Kota Tangerang jumlah kontribusi 1.810 berita, terbit 992. Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango jumlah kontribusi 764 berita, terbit 733 berita. Dinas Kominfo Kabupaten Sleman jumlah kontribusi 827, diterbitkan 714 berita.

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangkaraya jumlah kontribusi 905 berita, terbit 686 berita. Dinas Kominfo Kabupaten Balangan jumlah kontribusi 726 berita, terbit 613. Dinas Kominfo Kabupaten Blora jumlah kontribusi 641 berita, diterbitkan 598. Dinas Kominfo Kota Palembang jumlah kontribusi 651 berita, diterbitkan 548, dan Humas Setda Kabupaten Agam jumlah kontribusi 565, diterbitkan 472 berita.

Sementara itu, Media Center yang aktif berkontribusi foto diberikan kepada Bagian Humas Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah kontribusi 1.115 foto, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar dengan jumlah kontribusi 996 foto. 

Dinas Kominfo Provinsi Riau dengan jumlah kontribusi 847 foto. Dinas Kominfo Kabupaten Blora dengan jumlah kontribusi 700 foto. Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah kontribusi 684 foto.

Dinas Kominfo Kabupaten Batang dengan jumlah kontribusi 681 foto. Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong dengan jumlah kontribusi 614 foto. Dinas Kominfo Kota Bengkulu dengan jumlah kontribusi 609 foto. Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo dengan jumlah kontribusi 504 foto, dan Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah kontribusi 370 foto.

Sedangkan penghargaan foto terbaik satu diberikan kepada Biro Humas dan Protokol Provinsi Gorontalo, terbaik dua kepada Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, dan terbaik tiga diberikan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018