Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan memasang kamera pengawas di pusat pelayanan publik sehingga bisa mengetahui secara langsung pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di daerah setempat.

"Kamera pengawas akan dipasang seperti di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kantor kecamatan hingga kantor kelurahan," ucap Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah, Sabtu.

Ia mengatakan, tujuan pemasangan agar mengetahui jalan tidaknya proses pelayanan yang dilaksanakan aparatur sipil pemerintah di pusat pelayanan publik tersebut.

Dijelaskan, jika pelayanan terpantau tidak lancar atau terjadi antrian maka dicarikan jalan keluarnya sehingga proses pelayanan bisa kembali lancar tanpa hambatan berarti.

"Intinya, keberadaan kamera untuk mengawasi pelayanan publik kepada masyarakat sehingga diketahui kendala di lokasi dan dicarikan solusi agar seluruh masyarakat terlayani," ungkapnya.

Menurut dia, kamera pengawas siap dipasang di lima kantor kecamatan yang ada di kota itu dan operasional layanan kamera menggunakan fiber optik dan didukung menara sebagai antena.

"Fiber optik sudah dipasang di lima kecamatan sehingga situasi dan kondisi di ruang pelayanan bisa terpantau terus disamping bisa mengetahu kinerja setiap ASN di tempat itu," ucapnya.

Disebutkan, pemasangan kamera di kantor kelurahan sebanyak 20 kantor dan puskesmas-puskesmas juga diupayakan secara bertahap sehingga seluruh pusat pelayanan terpantau aktivitasnya.

"Intinya, seluruh pusat pelayanan publik di Banjarbaru terpantau kamera sehingga bisa diketahui sejauh mana pelayanan yang diberikan ke masyarakat sesuai kebutuhannya," kata dia.

Dikatakan, selain pemasangan kamera di pusat pelayanan, tempat strategis lain juga dipasang kamera sekaligus video yang bisa dilihat siapa saja melalui akses internet di telepon seluler android.

"Sejumlah lokasi strategis sudah dipasangi kamera pengawas seperti Lapangan Murjani, taman air mancur, bundaran Simpang Empat, bundaran STM dan lokasi lainnya," ujarnya.

Ditambahkan, kamera pengawas di area publik dipasang untuk mengetahui kondisi sekitarnya disamping mengawasi aset pemerintah seperti lampu-lampu jalanan dan sarana umum lain.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018