Banjarmasin,(Antaranews Kalsel) - Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan mengevaluasi peningkatan jalan antara Tanjung Serdang-Lontar Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru.

"Dalam kunjungan kami ke Kotabaru, 12-14 Februari lalu antara lain meninjau jalan Tanjung Serdang-Lontar sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan APBD Kalsel," ujar anggota Komisi III DPRD provinsi tersebut, Ismail Hidayat, di Banjarmasin, Jumat.

"Hasil peninjauan kelompok II Komisi III DPRD Kalsel ke jalan Tanjung Serdang-Lontar (sekitar 300 kilometer timur Banjarmasin) tersebut dalam pelaksanaan APBD provinsi sudah sesuai," ujarnya.

Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi tersebut memungkinkan pula untuk peningkatan jalan Tanjung Serdang-Lontar kembali mendapatkan kucuran dana dari APBD Kalsel.

"Apalagi jalan Tanjung Serdang-Lontar termasuk jalan strategis dalam menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah Kotabaru," kata politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pula.

Ia menerangkan, dari kunjungan Komisi III DPRD Kalsel ke "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru, pemkab dan masyarakat setempat mengharapkan peningkatan secara menyeluruh jalan Tanjung Serdang-Lontar.

"Mereka beralasan dengan peningkatan secara menyeluruh sekaligus agar ketahanan jalan itu bisa secara utuh bertahan lama, bukan sepotong-sepotong," ujar wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) tersebut.

Tetapi, karena anggaran yang terbatas dan harus ada pemerataan, sehingga peningkatan jalan Tanjung Serdang-Lontar dikerjakan secara bertahap, dengan harapan tetap fungsional jangan sampai mengganggu kelancaran angkutan, terlebih suasana lebaran nanti, ujarnyapula.

Jalan antara Batulicin, ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu-Lumpangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga menjadi tanggung jawab Pemprov Kalsel dalam pemeliharaan dan peningkatan, demikian Ismail.

Kunjungan kerja Komisi III DPRD Kalsel dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan APBD provinsi terbagi dua kelompok, yaitu kelompok I ke Kabupaten Tabalong dipimpin ketua komisinya H Supian HK SH dari Partai Golkar meninjau Bendungan Kinarum.

Sedangkan kelompok II ke Kabupaten Kotabaru dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Safruddin H Mamaing SSos dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga meninjau perkembangan pelaksanaan pembangunan Jembatan Selat Pulau Laut Kotabaru.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018