Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pengurus Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2018 menetapkan lima Kelompok Kerja (Pokja) strategis  pada Konferensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX FRI 2018 di Universitas Hasanuddin.

"Penetapan Pokja ini sesuai dengan dinamika  dan perkembangan di era revolusi industri 4.0," kata Wakil Ketua FRI Prof Dr H Sutarto Hadi di Makassar, Jumat.

Adapun Pokja tersebut, yakni pertama Pokja Pembangunan Ekonomi Nasional yang Berkeadilan dan Mensejahterakan, kedua Pokja Penguatan Demokrasi Pancasila, ketiga Pokja Pengembangan Pendidikan Tinggi yang Berdaya saing, keempat Pokja Kepemimpinan Nasional yang Cerdas dan Berkarakter serta kelima Pokja Pembanguan Bidang Pertanian dan Pangan.

Sutarto mengungkapkan jika pihaknya juga sudah menunjuk para rektor yang akan didaulat memimpin Pokja-Pokja tersebut.

Mereka adalah Rektor Universitas Indonesia (UI) untuk Pokja satu, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk Pokja dua, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Pokja tiga, Rektor Unhas untuk Pokja empat dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk Pokja lima.

"Mudah-mudahan para rektor yang ditunjuk bersedia menjadi tuan rumah kegiatan Pokja yang akan diisi seminar dan Focus Group Discussion membahas bidangnya masing-masing yang nantinya menjadi rumusan untuk bahan masukan dan pertimbangan pemerintah dari FRI," jelas Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu.

Pokja tersebut menjadi bagian dari enam poin dari pernyataan sikap atau Deklarasi Makassar Forum Rektor Indonesia 2018 yang ditandatangani Ketua Dewan Pertimbangan FRI 2017 Prof Dr Rochmat Wahab, Ketua FRI 2017 Prof Dr H Suyatno, Wakil Ketua FRI 2017 Prof Dr Asep Syaefuddin, Ketua FRI 2018 terpilih Prof Dr Dwia Ariestina Pulubuhu dan Wakil Ketua FRI 2018 terpilih Prof Dr H Sutarto Hadi.

Pada penutupan Konferensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX FRI 2018 di Gedung Baruga A.P Pettarani Unhas itu, juga dilakukan penyerahan kepemimpinan pengurus FRI dari periode 2017 kepada periode 2018.

Pada kesempatan tersebut, juga menetapkan Prof Dr H Suyatno menjadi Ketua Dewan Pertimbangan FRI di bawah duet kepemimpinan Prof Dr Dwia Ariestina Pulubuhu dan Prof Dr H Sutarto Hadi untuk satu tahun kedepan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018