Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Bencana angin Puting Beliung yang terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 18.00 wita di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mengakibatkan 10 rumah warga dan satu titian ulin rusak.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Hasmi Rivai di Amuntai Jumat mengatakan, sebanyak 8 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan di Desa Kalumpang Dalam Rt 3 Kecamatan Babirik dan satu titin ulin putus, sedang dua rumah lainnya yang dilaporkan rusak tertimpa pohon tumbang di Desa Ujung Murung rt 4 dan 5 Kecamatan Amuntai Tengah.

"Hingga saat ini laporan yang kami terima 10 rumah dan satu titian jalan rusak akibat bencana puting beliung yang terjadi Kamis sore," ujar Hasmi.

Hasmi mengatakan, belum menerima laporan dari kecamatan lain apakah juga terjadi kerusakan akibat bencana ini namun pihaknya segera mendata jumlah kerusakan dan kerugian.

Sementara kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta lebih, yakni titian yang patah sepanjang 200 meter senilai Rp300 juta dan kerusakan rumah warga Rp100 juta yakni sebanyak dua rumah warga mengalami rusak berat dan 6 rumah rusak ringan.

"Sementara jumlah kerugian yang dialami warga Desa Ujung Murung belum disampaikan," terang Hasmi.

Pada musibah angin Puting Beliung tersebut tidak ditemukan korban jiwa, warga yang rumahnya rusak berat sementara mengungsi kerumah kerabat terdekat.

Sedang kerusakan ringan dibantu warga yang bergotong royong melakukan perbaikan. Sedangkan kawasan desa yang terisolir harus beraktivitas menggunakan perahu ces/kapal.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018