Kandangan, (Antaranews Kalsel)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan (HSS) menetapkan dua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati HSS pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018.

Ketua KPU HSS Imron Rosyadi, di Kandangan, Senin (1/2), mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno, kedua bakal pasangan calon baik dari jalur partai politik, dan jalur independen  ditetapkan menjadi paslon Bupati dan Wakil Bupati HSS.

"Untuk pasangan calon dari parpol ada H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad, dan dari jalur independen ada pasangan calon HM Najamuddin-H Ridha,"katanya, saat memberikan keterangan hasil rapat pleno, di Aula KPU HSS.

Dijelaskan dia, kedua bakal paslon sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, sehingga bisa ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati HSS pada Pilkada 2018.

Dari jalur parpol telah didukung oleh enam partai politik yakni Partai Keadilan Sosial (PKS), Golongan Karya (Golkar), Nasional Demokrat (NasDem), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Adapun total 22 kursi di DPRD HSS yang mengusung pasangan ini, yakni PKS enam kursi, Golkar lima kursi, NasDem  lima kursi, Gerindra  tiga kursi, Demokrat ada dua kursi dan PBB dengan satu kursi.

Sementara itu, paslon dari jalur independen juga sudah memenuhi syarat verifikasi faktual dengan total dukungan suara sebanyak 20.381, dari batas minimal dukungan suara 17.181 suara.

Menurut dia, setelah ditetapkan menjadi pasangan calon, mereka akan mengikuti tahapan Pilkada selanjutnya, yaitu Selasa, (13/2) dengan pengundian nomor urut dan dilakukan deklarasi kampanye damai.

"Setelah pengundian nomor urut akan dilakukan deklarasi kampanye damai, dan pernyataan sikap siap menang dan siap kalah," lanjutnya.

Ketua tim pemenangan paslon HM Najamuddin-HM Ridha, M Ikhsan, mengatakan setelah resmi ditetapkan sebagai paslon, pihaknya melakukan persiapan untuk menghadapi jadwal kampanye yang ditetapkan KPU HSS pada 15 Februari.

"Besok, Selasa, (13/2) kita mengikuti pencabutan nomor urut, kami juga sudah merapatkan barisan dengan tokoh-tokoh masyarakat alim ulama dan para habib,"katanya.
  
Ketua tim pemenangan paslon H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad, Asyikin Noor, mengatakan bersyukur bahwa H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad akhirnya ditetapkan sebagai pasangan calon.

Dijelaskan dia, Langkah  selanjutnya adalah untuk melakukan persiapan dan strategi untuk pemenangan pasangan H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad dalam Pilkada 2018 mendatang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018