Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Selatan (Kalsel), akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah  (Musda) XII di Kota Tanjung Kabupaten Tabalong, pada tanggal 14-15 Februari 2018 mendatang.

Sekretaris Panitia Pelaksana Muhammad Hafiz Ridha di Banjarmasin, Minggu, mengatakan penyelenggaraan Musda XII itu bertujuan untuk menerima laporan pertanggungjawaban DPD KNPI Kalsel periode 2014-2017, dan menetapkan pokok-pokok program kerja dan organisasi.

"Musda juga untuk memilih dan menetapkan ketua beserta kepengurusan DPD KNPI Kalsel periode 2018-2021, bersama-sama dengan Formatur dan Majelis Pemuda Indonesia(MPI)," katanya.

Dijelaskan dia, Musda XII KNPI Povinsi Kalsel diikuti pengurus KNPI dari tingkat Pusat sampai dengan Kabupaten atau Kota, juga utusan dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat provinsi yang terhimpun di KNPI Kalsel, serta para peninjau dan tamu undangan. 

Meski demikian, dari para peserta tersebut nantinya ada yang memiliki hak suara dan hak bicara, namun ada pula yang hanya memiliki hak bicara saja.

Selain itu, hal pokok yang paling hangat dalam penyelenggaraan Musda XII ini adalah pemilihan Ketua, serta pembentukan pengurus baru DPD KNPI Kalsel yang akan datang. 

Hal ini menurut dia, menjadi sangat krusial karena jalannya roda organisasi KNPI kalsel untuk tiga tahun ke depan akan ditentukan pada saat pemilihan tersebut.

Namun saat ini, masih belum terdengar secara nyaring nama-nama bakal calon yang akan maju menjadi kandidat dalam bursa pemilihan ketua KNPI periode 2018-2021, walaupun memang sudah ada beberapa nama yang digadang-gadang bakal ikut berkompetisi.

"Dalam rangka menjaring calon ketua dan mendata peserta Musda XII, DPD KNPI Kalsel, melalui panitia pelaksana kegiatan, membuka kesempatan bagi bakal calon ketua KNPI dan peserta Musda XII untuk mendaftarkan diri,"katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan menghubungi panitia pelaksana, di Sekretariat DPD KNPI Kalsel yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat Nomor 2, Banjarmasin, pendaftaran ini di buka sejak tanggal 9 sampai dengan 13 Februari 2018.

Adapun tema musda kali ini mengangkat tema ‘Bersinergi dalam Kebersamaan dan Persatuan menuju Kemandirian, Kepeloporan dan Profesionalitas Pemuda Banua’, harapannya Musda XII ini mampu mewujudkan keberlanjutan estafet kepemimpinan yang solid, dapat menyatukan segala potensi dan kreatifitas pemuda Kalsel.

Ditambahkan dia, DPD KNPI Kalsel berharap penyelengaran Musda XII dapat berjalan dengan sukses dan lancar, sesuai dengan semangat pemuda Kalsel, dan kelak akan terbentuk kepengurusan baru yang lebih baik, yakni "Pemuda Banua Spirit of Borneo".

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018