Puskesmas Paringin di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menerapkan pelayanan yang memenuhi standar internasional sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, ujar Kepala Dinas Kesehatan setempat, Humam Arifin.

"Sejak 2011 lalu Puskesmas Paringin sudah menerapkan pelaksanaan pelayanan kesehatan dengan mengacu pada manajemen ISO 9001:2008," ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis.

Hal tersebut dilakukan sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel yang mengharapkan pada 2011 seluruh kabupaten minimal memiliki satu puskesmas dengan standar ISO.

Anjuran tersebut kemudian oleh Dinas Kesehatan setempat di respon dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Nomor 445/102/Dinkes-Blg/2011 tentang penunjukan Puskesmas Paringin dalam penerapan manajemen ISO.

Penunjukan tersebut di dukung pula dengan SK Pimpinan Puskesmas Paringin Nomor 445/25/Pusk-Prg/2011 tentang Penunjukan Tim ISO Puskesmas. Ia mengatakan, dalam penerapan manajemen ISO tersebut Puskesmas Paringin di bantu oleh Konsultan Manajemen Mutu dari Surabaya, PT Kokek.

"Konsultan dalam hal ini berperan untuk memberikan masukan dan pengetahuan tentang cara-cara pelayanan yang baik dan bermutu sesuai standar," katanya.

Pendampingan oleh konsultan berjalan selama kurang lebih lima bulan terhitung sejak Juni hingga Oktober 2011.

Beberapa pelayanan kesehatan telah diterapkan di Puskesmas Paringin dengan standar pelayanan mutu ISO 9001:2008 seperti loket kartu, Poli Umum, Poli Gizi, Poli Kesehatan Ibu dan Anak, Poli KB, pencegahan penyakit, laboratotium, pelayanan imunisasi, kamar obat dan Tata Usaha.

Kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Paringin memiliki ciri khas dan keunggulan dibandingkan puskesmas lain yaitu cepat, tepat dan bermutu.

Ia menambahkan, pada November 2011 lalu Puskesmas Paringin mendapat kunjungan Tim Auditor Internasional, United Regitrar of System (USR) yang berkantor pusat di London, Inggris.

"Kedatangan Tim Auditor Internasional tersebut khusus untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan pelayanan kesehatan yang sudah dijalankan puskesmas," tambahnya.

Melalui penerapan standar ISO 9001:2008 diharapkan akan terjadi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam upaya pembangunan daerah khususnya di bidang kesehatan.

Selain itu, Puskesmas Paringin diharapkan akan menjadi rujukan bagi penyelenggaraan pelayanan umum khususnya di bidang kesehatan dan sebagai pelopor pelayanan berstandar ISO./adi/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012