Kandangan, (Antaranews Kalsel) -Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  Achmad Fikry, meresmikan pembangunan sarana kawasan pariwisata Niih, Kecamatan Loksado, yang ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan untaian bunga Melati.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, M Arlian Syahrial, di Niih mengatakan,  pembangunan sarana kawasan pariwisata di lingkungan dermaga singgah bamboo rafting Niih ini, bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan setelah menikmati atraksi wisata susur sungai dengan bamboo rafting. 

"Adapun rincian pekerjaan diantaranya pembangunan pagar pembatas, rumah jaga, Tourism Information Centre (TIC), toko souvenir, tempat parkir dan musholla,"katanya.

Dijelaskan, pembangunan  dengan jumlah dana berdasarkan kontrak sebesar Rp1.441.015.000, dan pembiayaan bersumber dari dana alokasi khusus bidang pariwisata TA 2017, dengan lama pekerjaan selama160 hari kalender,  masa pemeliharaan180 hari kalender.

Selanjutnya pada tahun 2018 ini, Tanuhi akan dibenahi mulai dari kolam renang maupun dinding yang ada, begitupun nantinya akan diadakan lomba untuk melukis dinding, sehingga para pengunjung selain bisa berendam air panas, juga bisa berfoto bersama keluarga dan rekan lainnya.

"Niih dan tanuhi harus dilakukan pembenahan terus menerus karena bisa menghasilkan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten HSS khususnya di Kecamatan Loksado,"katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan berharap bangunan ini bisa memberikan manfaat untuk kelangsungan kegiatan pariwisata di HSS, dan agar bangunan ini dapat di rawat dan dipelihara sehingga bisa bertahan lama. 

 "Terimakasih kepada jajaran Disporapar HSS yang tahun ini masih mendapatkan dana alokasi khusus, sehingga bisa meringankan dana APBD,"katanya, saat memberikan sambutan, di Ni'ih, Rabu(7/2). 

Diingatkan dia, agar masyarakat Loksado agar menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik, ramah, murah senyum,  karena salah satu kunci dari pariwisata adalah bagaimana sarana prasarana dan pelayanan yang baik diberikan kepada para wisatawan. 

Turut hadir,  para asisten, staf ahli, para Kepala OPD, camat Loksado beserta forum koordinasi kecamatan Loksado, para kepala desa, pimpinan perbankan di HSS dan tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018