Rantau, (Antaranews Kalsel) - Durian Gentong dengan keunggulan memiliki daging yang tebal dan biji yang kecil hasil budidaya dari Sumarsono berhasil mengalahkan 98 buah durian lainnya pada kontes pameran durian beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Wagimin, di Rantau mengatakan, durian asal Tapin yakni durian Gentong hasil budidaya dari Sumarsono asal Kecamatan Salam Babaris mampu menjadi yang terbaik satu pada kontes tersebut.

"Durian Gentong menyisihkan 98 durian lainnya yang berasal dari 12 Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan di kontes durian yang di adakan oleh Pemprov Kalsel di Desa Kiram, Kabupaten Banjar," ujar Wagimin.

Dijelaskannya, dengan terpilihnya durian Gentong menjadi terbaik satu, tentunya kedepannya akan di daftarkan ke Kementrian Pertanian sebagai verietas lokal Kabupaten Tapin.

"Sebenarnya waktu itu kita bawa tiga jenis buah durian, yakni si Monti milik Suryanto warga Kecamatan Hatungun, Gentong punya Sumarsono dan durian Nonong hasil kebun kita sendiri," ujar Wagimin lagi.

Selain itu, tentunya akan terus membudidayakan lebih banyak lagi, sebagai ikon Kabupaten Tapin untuk buah-buahan.

"Kedepan akan kita promosikan sebagai ikon buah Kabupaten Tapin," ujarnya.

Ditambahkan Wagimin, selain tekstur daging yang tebal dan biji yang kecil, durian Gentong juga memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan tidak terasa pahit.

Selain itu, untuk aromanya sendiri tidak terlalu semerbak, sedangkan tekstur dagingnya tidak terlalu lembek dan keras, sehingga memiliki keunggulan cukup baik dengan buah durian lainnya.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018