Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Hj Ernawati Chairansyah mengimbau kepada seluruh Pembakal agar mengaktifkan kepengurusan PKK di setiap Desa. 

Hal tersebut disampaikannya saat pelantikan perangkat Desa se Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) yang juga dihadiri para Pembakal di Halaman Kantor Camat Batara Selasa (6/2).

"Kami sangat berharap kepada Desa yang belum aktif kepengurusan PKK agar secepatnya diaktifkan dengan berkoordinasi bersama pihak PKK Kecamatan," kata Ernawati.

Menurutnya untuk mengaktifkannya tentu saja melibatkan Pembakal yang dibantu oleh perangkat Desa lainnya karena mau tidak mau ketua PKK itu harus istri Pembakal.

"Kalau belum bisa marilah kita sama-sama belajar dan saling berkomunikasi dan koordinasi bagaimana cara menjalankan organsiasi PKK," katanya.

Sekarang ini menurutnya peran PKK sangat strategis yang lahir sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 Tahun 1999 dan undang-undang nomor 25 Tahun 1999 yang perannya sebagai mitra pemerintah dalam upaya meningkatakan kesejahteraan keluarga.

"Kami berharap ibu-ibu di Desa kerjaannya tidak hanya ngerumpi saja tetapi juga aktif dalam mengembangkan suatu keterampilan ataupun usaha yang bisa dikelola bersama," katanya.

Melalui PKK inilah menurutnya para ibu-ibu akan diberdayaan agar lebih produktif melalui pelatihan-pelatihan dan sosialiasi pengembangan diri.

"Sekarang ini juga sudah ada Dana Desa dalam menunjang kegiatan-kegiatan serta pembangunan di Desa, jadi kami harap Pembakal dan ibu PKK melakukan inovasi desa dengan mengembangkan satu produk unggulan sebagai pendapatan asli Desa yang bisa juga dikelola oleh PKK," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018