Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan setempat berharap segera bisa memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak.


"Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin berharap dalam waktu dekat proses perbaikan sekolah yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2012 ini segera terealiasasi," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, M Sarwani di Banjarmasin, Rabu.

Hal itu dikatakannya menyusul keluarnya petunjuk teknis (juknis) mengenai pemanfaatan DAK serta diserahkan anggaran sebesar Rp 22 Miliar dari APBN melalui bagian keuangan daerah.

Ia mengungkapkan, saat ini proses verifikasi data terhadap sejumlah sekolah yang akan mendapatkan kucuran perbaikan dari pusat tersebut sudah hampir selesai. Sehingga dalam waktu dekat pula, proses lelang akan dilakukan.

"Kita berharap bulan April ini lelang perbaikan gedung sekolah rusak bisa dilaksanakan, dan saat ini persiapan mengenai lelang pun sudah selesai," ujar Sarwani.

 Menurutnya, dari sisa waktu tersebut, pihaknya berharap proses lelang hingga pengerjaan perbaikan sekolah tersebut berjalan lancar sesuai dengan keinginan.

Apalagi sesuai dengan ketentuan pusat untuk perbaikan gedung sekolah tersebut menargetkan bulan Juli ini harus selesai.

"Memang untuk tahun ini pusat menargetkan lebih cepat, makanya dari petunjuk teknis tersebut proses perbaikan sekolah sudah harus segera selesai,"terangnya.

 Dikatakannya lagi, tahun ini sekitar 50 lebih sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar sudah masuk dalam verifikasi DAK.

Dipastikan sekolah yang mengalami kerusakan terberat yang akan diprioritaskan perbaikannya. Dana ini akan dibagikjan kepada masing-masing sekolah tersebut rata-rata sekitar Rp200 juta hingga Rp 300 juta untuk tiga local (tiga ruang sekolah).

Sementara proses pengerjaan ini dilakukan dengan sistem swakelola yang diserahkan kepada Kepsek dan Komite Sekolah./D/D 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012