Batulicin,(Antaranews Kalsel) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan segera melakukan perbaikan jalan rusak mulai Jalan Raya Trasmigrasi di kilometer delapan menuju Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Simpang Empat sepanjang 500 meter.

Kepala Dinas PU Kabupaten Tanah Bumbu Roy Rizali Anwar, di Batulicin, Jumat mengatakan, perbaikan jalan tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2018 dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

"Pebaikan itu akan dilakukan dalam dua tahap yang pertama kami akan melakukan pengerasan dan penambahan material seperti batu untuk menutupi lubang-lubang di sepanjang jalan. Tahap selanjutnya akan dilakukan pengaspalan dengan ketebalan standar seperti yang ada di jalan raya pada umunya," katanya.

Ia mengatakan, dalam perbaikan jalan tersebut memang sudah menjadi program prioritas kepemimpinan Bupati Mardani H. Maming, dimana setiap jalan penghubung desa ke desa, desa ke kota atau dari desa menuju fasilitas umun harus lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Khusunya untuk jalan menuju SMPN 4 Simpang Empat beberapa bulan yang lalu Dinas PU sudah menerima usulan dari dinas terkait untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. Dari usulannya kami melakukan pertimbangkan dan kajian untuk mengetahui berapa besar anggaran yang harus disiapkan.

Diakui Roy, untuk tahun ini Dinas Pu masih banyak tanggungan yang harus diselsesiakan salah satunya pengerjaan jalan menuju pantai angsana sepanjang sembilan Km, pelebaran jalan dikecamatan Kusan Hilir meuju Muara Pagatan, dan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Laut dengan daratan Kalimantan yang dialokasikan melalui dan APBD.

Sedangkan untuk DAK, tahun ini Dinas PU Kabupaten Tanah Bumbu periode 2018 mendapatkan tambahan sebesar lima miliar dari Rp29 menjadi Rp34 miliar.

"DAK tersebut nantinya akan difokuskan untuk perbaikan jalan lintas pendek seperti jalan raya Trasmigrasi km 8 menuju SMPN 4 Simpang Empat dan menyelesaikan peroyek-proyek lainnya yang tahun ini harus rampung," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018