Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah mengikuti pertukaran mengajar di Thailand dan Filipina.

Direktur Kantor Urusan Internasional ULM Banjarmasin Arief Budiman saat mengunjungi Balaikota Banjarmasin, Rabu, mengungkapkan, sudah empat hari ini berjalannya pertukaran mengajar antar mahasiswa Indonesia dari ULM ini dengan Thailand dan Filipina.

"Meraka akan mengikuti pertukaran mengajar ini selama satu bulan," ujarnya.

Menurut dia, program pertukaran mengajar mahasiswa ULM dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Negara Thailand dan Filipina ini memasuki tahun kelima, tahun ini ada sebanyak 13 mahasiswa.

"Dari kita 13 mahasiswa, dari Thailand dan Filipina juga jumlahnya sama yang dikirim ke sini," papar Arif.

Menurut dia, ada tiga jurusan dalam pertukaran mahasiswa antar negara ini, yakni, jurusan bahasa Inggris, Matematika dan sosial sains.

Dikatakan dia, untuk mahasiswa Thailand dan Filipina yang mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) di Banjarmasin ini ditempatkan diberbagai sekolah.

"Ada yang mengajar di SD Sabilal Muhtadin, SMPN 1 Banjarmasin, SMK 4 Banjarmasin dan sekolah-sekolah lainnya," tutur Arif.

"Demikian juga mahasiswa kita di Thailad dan di Filipina ditempatkan mengajar di sekolah-sekolah sana," paparnya.

Menurut dia, para mahasiswa ULM yang pergi ke Thailand dan Filipina itu dapat tanggungan akomudasi dari kedua negara tersebut.

"Demikian juga kita memberikan akomudasi bagi mahasiswa mereka ke sini," ujarnya.

Menurut dia, kerjasama pertukaran mahasiswa dengan dua negara ini berjalan sangat lancar dalam empat tahun ini, khususnya dengan Filipina yang mahasiswanya sangat mahir berbahasa Inggris.

"Jadi ini memang bagian program unggulan ULM dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, sehingga bisa bersaing hingga ke internasional," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018