Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Jelang digelarnya Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, Polda Kalimantan Selatan menggelar latihan Tactical Floor Game (TFG) di Hanggar Satbrimob Polda Kalsel.


"Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat kesiapsiagaan Polres-Polres yang di wilayahnya ada kegiatan pengamanan Pilkada," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarbaru, Kamis.

Dikatakannya, kegiatan yang diselenggarakan Biro Operasi (Roops) Polda Kalsel selaku pengendali lapangan dalam pengamanan Pilkada itu dihadiri Karo Ops Kombes Pol Budi Sapto Irwanto dan para Kabag Ops Polres jajaran yang di wilayahnya digelar Pilkada tahun ini yaitu Polres Tanah Laut, Polres Tapin, Polres Hulu Sungai Selatan dan Polres Tabalong.

Dalam latihan TFG itu, disimulasikan secara detail posisi penempatan personel sesuai kebutuhan yang diperlukan nantinya di saat pelaksanaan Pilkada berlangsung.

Selain itu, para Kabag Ops Polres diberi kesempatan juga untuk memaparkan situasi perkembangan di wilayahnya masing-masing.

Rachmat mengungkapkan, setelah dilaksanakan kegiatan latihan TFG diharapkan masing-masing Polres dapat memetakan daerah mana yang dianggap rawan dan dapat menghitung berapa jumlah personel yang diperlukan dalam pengamanan.

"Polda Kalsel dan jajaran Polresnya harus bisa menjamin pesta demokrasi nanti berlangsung tertib, aman dan lancar, jadi segala potensi atau ancaman gangguan wajib dapat diminimalisir," jelas Rachmat lagi.

Satbrimob sendiri, tambah Rachmat, siap membantu secara penuh Polres setempat jika sewaktu-waktu dibutuhkan ketika situasi sudah mengancam Kamtibmas, apalagi sampai mengarah ke aksi anarkis dan sebagainya.


Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018