Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar hari jadi ke-37 Kecamatan Loksado, yang puncaknya dilaksanakan di Halaman SMPN 1 Loksado dengan mengambil tema "Pesona Loksado Kebanggaan Banua".

Camat Loksado, Sar Ipansyah, di Loksado, Senin (8/1), mengataka terima Kasih kepada masyarakat Loksado yang telah bahu membahu sehingga acara tersebut dilaksanakan dengan baik, untuk tanggal peringatan hari jadi harusnay dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober, namun baru bisa dilaksanakan bulan Januari ini.

"Walaupun Loksado wilayah paling ujung HSS, namun Justru menjadi primadona wisata di Kabupaten HSS, sebagai destinasi utama wiasata di HSS,"katanya.

Menurut dia, itu bisa dilihat dari pesona wisata alamnya, maupun dari kulinernya yang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri dibanding kecamatan lainnya di  Kabupaten HSS.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam membangun HSS, khususnya Kecamatan Loksado.

Menurut dia,  walaupun Loksado berada diujung wilayah HSS, tapi pesonanya tetap selalu membuat orang tertarik untuk datang berkunjung.

"Selalu utamakan keramahan dalam menyambut para wisatawan yang datang, serta mengusahakan agar sambil menjual produk unggulan Loksado sebagai Oleh-oleh untuk para wisatawan,"katanya, saat memberikan sambutan, Senin (8/1) pagi.

Dijelaskan dia, sebagai kado hari jadi ke-37 untuk masyarakat Loksado, bahwa di akhir masa jabatan, di Tahun 2018 ini Pemrintah Kabupaten HSS sudah mengganggarkan beberapa proyek pembangunan di Loksado.

Adapun, proyek tersebut antara lain, peningkatan ruas jalan Malinau, ruas jalan Tugu Niih, Ruas jalan Haratai, ruas jalan Tanuhi - Ulang, dan beberapa Jembatan.

Tak lupa, ia berpesan bahwa apa yang sudah dibangun di Kecamatan Loksado ini, hendaknya bisa dipelihara dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pelepasan 37 ekor burung Dara, sebagai simbol Usia Ke-37 Kecamatan Loksado, juga penyerahan simbolis dilaksanakannya pemasangan jaringan listrik oleh Pihak PLN Untuk Desa Tumingki dan Desa Kamawakan.

Acara Peringatan dirangkai dengan pameran produk kuliner masing-masing desa se Kecamatan Loksado, seperti Pais Lambuh, Pais Jantan, Lapat Daun Maluan, Lamang Bujang, Lamang Balu, Pais Bujang, dan Humbal.

Turut hadir, Wakil Bupati H Ardiansyah,  Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Fikry, para Kepala SKPD, para kepala desa se Kecamatan Loksado dan warga setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018