Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dua bakal Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil  bupati di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ketua KPUD HSS, Imron Rosyadi, di Kandangan, Senin (8/1) mengatakan, bakal pasangan calon yang mendaftar yakni dari jalur independen atau perseorangan H Najmuddin-HM Ridha, kemudian Jalur Partai Politik (Parpol) H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad.

"Pendaftaran bakal pasangan calon dilaksanakan selama tiga hari dimulai hari ini Senin (8/1) dan berakhir Rabu (10/1),  bagi yang mendaftar baik dari jalur perseorangan dan partai politik masih diberi waktu untuk melengkapi berkas pendaftaran dalam masa pendaftaran ini,"katanya.

Menurut dia, tahapan selanjutnya untuk bakal pasangan calon yang telah mendaftar akan mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan Kamis sampai Jum'at (11-12/1), bertempat di RSUD Ulin Banjarmasin.

Pilkada kalii ini, tambah  dia, diharapkan menjadi proses demokrasi, termasuk pendaftaran untuk menjawab aspirasi masyarakat mengenai siapa figur yang akan memimpin  Kabupaten HSS di masa mendatang.

Berbeda dari tahapan pilkada sebelumnya, selain menyerahkan berkas, untuk pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada 2018 ini, bakal pasangan calon juga dimintakan untuk menyampaikan visi dan misinya.

Kedua bakal pasangan calon ini, datang dalam waktu yang berbeda, untuk  jalur independen atau perseorangan H Najmuddin-HM Ridha mendaftar Senin (8/1) pagi pukul 10.30 wita, sementara untuk pasangan calon  H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad datang pukul 14.30 wita.

Ketua Umum Tim Rakat Mufakat M Ehsan, mengatakan pihaknya optimis bisa lolos dan bakal pasangan calon independen yang didaftarkan bisa ditetapkan sebagai pasangan calon.

Terkait kekurangan dukungan KTP, pihak dia akan segera melengkapinya sebelum batas waktu yang ditetapkan KPU berakhir.

"Kami sudah menyiapkan dukungan sekitar 7.000  KTP untuk melengkapi kekurangan yang ada, karena berdasarkan verifikasi faktual baru 15.098 foto kopi yang masuk, sehingga akan dilengkapi untuk memenuhi dari batas minimal sebanyak 17.181 dukungan,"katanya.

Bakal Calon Bupati H Achmad Fikry, mengatakan ia bersama tim mendaftarkan diri bersama Syamsuri Arsyad sebagai bakal calon wakil bupati dengan dukungan enam partai pengusung, yaitu Partai Golkar, Nasdem, PKS, Gerindra, Demokrat dan PBB.

Menurut dia, pendaftaran dirinya , merupakan kesinambungan untuk melanjutkan program pembangunan di periode kepemimpinan 2013-2018 bersama Wakil Bupati H Ardiansyah, upaya regenerasi dengan memilih bakal calon wakil bupati Syamsuri Arsyad yang saat ini masih menjabat Ketua DPRD HSS.

"Kami telah melaksanakan deklarasi dan membentuk tim yang solid dalam Sekretariat Bersama (Sekber), dan siap untuk mengikuti jadwal dan tahapan pilkada dari KPUD HSS,"katanya.

Ditambahkan dia, keikutsertaan dirinya bersama Syamsuri Arsyad kembali mencalonkan diri merupakan upaya mengakomodasikan dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dengan niat untuk membangun Kabupaten HSS makin sejahtera, baik lahir dan batin.

Turut hadir, para Komisioner KPUD HSS beserta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten HSS, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu),  perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pengurus Partai, simpatisan dan relawan masing-masing bakal pasangan calon.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018