Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan melakukan rehab total trotoar atau media pejalan kaki di Jalan Protokol A Yani pada 2018.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DisPUPR) Kota Banjarmasin Gusti Ridwan Sofyani di Balaikota, Rabu, trotoar di Jalan A Yani akan dibuat moderen layaknya kota metropolitan.

"Jadi dibuatnya berlantai keramik dengan lebar sekitar dua meter," ujarnya.

Pengerjaan trotoar ini, lanjut dia, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp12 miliar.

"Sebab trotoar yang akan dibangun itu total panjangnya sekitar empat kilometer, baik kiri dan kanan jalannya," kata Ridwan.

Menurut dia, pengerjaan akan dimulai dari simpang Jalan Kolonel Sugiono menuju batas kota di KM 6 Jalan A Yani.

Dikatakan Ridwan, pengerjaan proyek ini akan cukup menuai kendala, karena banyak utilitas juga banyak pintu masuk menuju rumah toko (ruko).

"Masalah merapikannya saja kendala ini, sebab banyak jembatan ruko yang sedikit menjulur ke luar, kita akan tata semua nantinya," kata Ridwan.

Dia mencontohkan pembenahan trotoar di Jalan A Yani tersebut mirip-mirip trotoar yang sudah di bangun di Jalan Belitung.

Dimana, ucap Ridwan, trotoar di Jalan A Yani ini nantinya akan ramah disabilitas.

"Targetnya memang akan menyaingi trotoar di Kota Bandung, Jawa Barat," ujarnya.

Menurut Ridwan, bahwa pembenahan trotoar di Jalan A Yani ini sudah dikoordinasikan dengan pihak balai jalan, sebab jalan itu milik pemerintah pusat.

"Pihak balai jalan mempersilahkan pemerintah kota membenahi trotoar di jalan A Yani, sebab sebagai poros utama pintu masuk ke kota Banjarmasin yang merupakan ibu kota provinsi," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018