Kandangan (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar peringatan ke-69 Perang Kemerdekaan 2 Januari 1949  atau juga biasa disebut peringatan Palagan Nagara Tahun 2018.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Nagara, Selasa (2/1), mengatakan peringatan upacara bersejarah ini membuat mengenang dan mengingat perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu untuk daerah.

"Peringatan ini hendaknya dapat membangun kesadaran bersama, bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk melangsungkan kehidupan bermsyarakat, berbangsa dan bernegara,"katanya.

Dijelaskan dia, kemajemukan suku, agama, budaya dan kamajemukan lainnya jangan sampai mencerai beraikan bangsa.

Beda pandangan politik dan beda kepentingan adalah suatu dinamika, yang perlu dihormati dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kesatuan.

"Kami meminta kepada dinas terkait untuk menganggarkan pemasangan paving blok untuk kenyamanan peserta upacara ditahun berikutnya,"katanya saat menjadi Inspektor upacara, bertempat di Halaman Pasar Hamayung, Jalan Tugu 2 Januari 1949, Kecamatan Daha Utara, Selasa (2/1).

Tak lupa, ia  juga memerintahkan untuk menyiapkan anggaran pemugaranTugu 2 Januari, serta kepada Dinas Sosial untuk melacak makam para pejuang perang kemerdekaan Nagara, agar bisa dipugar sebagai rasa hormat terhadap jasa para pahlawan.

Dalam upacara ini ditampilkan persembahan drama teatrikal dari Sanggar Seni Sedaha, dengan judul "Perang 2 Januari " yang menggambarkan perjuangan rakyat Nagara mengusir penjajahan Belanda.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran oleh oleh Bupati HSS.

Bupati juga menyempatkan diri meninjau Tugu 2 Januari, yang lokasinya berada di samping tempat pelaksanaan upacara.

Peringatan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, PNS, TNI, Polri, para kepala desa, Samping Desa, dan Barisan Pemadam Kebakaran dan juga dari BNDHSS (Bubuhan Nagara Daha HSS) .

Turut hadir, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah,  Ketua DPRD Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, Sekretaris Daerah HSS H. M. Ideham,  para kepala SKPD dan Anggota DPRD Dapil II HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018