Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pelatihan dan penempatan lapangan kerja sekaligus silaturahmi bersama Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Bursa Kerja Khusus (BKK). 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala, Masturi, di Pelaihari, Kamis (28/12), mengatakan, diperlukannya sinergitas antara Disnaker, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa , BKK Bursa Kerja Khusus, Balai Latihan Kerja (BLK) dan LPK.

"Sinergi ini  dalam rangka memberikan pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi, pelatihan berbasis kewirausahaan atau pelatihan berbasis kemasyarakatan kepada masyarakat Tala,"katanya, saat membuka Rakor bertempat di Aula BLK Tala.

Dijelaskan dia, rakor ini merupakan pertama kali diadakan dalam dekade ini, maka dia yang baru menjabat sebagai Kepala Dinas  di tahun 2017, berharap besar mengurangi pengangguran, dengan cara memberikan pelatihan kepada masyarakat Tala melalui BLK atau LPK di semua desa.

Begitupun, dukungan dari tenaga ahli atau pendamping kabupaten, pendamping kecamatan dan pendamping desa, supaya pelatihan ini bisa direncanakan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018. 

Dalam penempatan kerja, diwacanakan melalui Dinas Tenaga Kerja Tala agar perusahaan-perusahaan di Tala membuka diri, apa yang mereka perlukan sehingga BLK, SMK, dan LPK bisa menyiapkan tenaga kerja yang sesuai kualifikasi Perusahaan tersebut.

Pimpinan LPK BEC, Supriyanto mengatakan acara ini yang patut di apresiasi dan seharusnya didukung oleh semua pihak khususnya pemangku kebijakan.

"Semoga program mulia ini bisa diwujudkan sehingga masyarakat tala punya pengalaman  atau ketrampilan sehingga yang muda bisa cari pekerjaan bahkan mampu usaha mandiri,"katanya.

Turut hadir, para pimpinan dan instruktur LPK perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas PMD, Dinas PTSP, para kepala SMK, ketua BKK Bursa Kerja Khusus, tenaga ahli  atau pendamping kabupaten, pendamping kecamatan, pendamping desa serta  para Instruktur BLK.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017