Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Jadi ke-67 Kecamatan Telaga Langsat yang peringatannya berbarengan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Telaga Langsat, Kamis (28/12), mengatakan, bersyukur karena sudah ada empat kecamatan yang menyelenggarakan peringatan hari jadi dengan kreatifitas dan inovasi masing-masing.

"Ini pertanda bahwa semua kecamatan kita sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik, sesuai dengan kekhasan yang dimiliki kecamatan masing-masing,"katanya.

Dijelaskan dia, Kecamatan  Telaga langsat adalah kecamatan yang banyak mendapatkan kucuran dana pembangunan dari pemerintah. 

Pembangunan infrastruktur utamanya jalan dan jembatan sudah merata diseluruh desa, terkecuali jalan menuju Hamak dan direncanakan akan segera dilakukan perbaikan ditahun anggaran 2018.

Ia mengucapkan, terima kasih kepada camat serta seluruh panitia pelaksana yang bekerja keras mempersiapkan acara dan menyuguhkan berbagai macam lomba tradisional yang sudah sangat jarang dimainkan. 

"Hari ini luar biasa, kita bernostalgia terhadap permainan tradisional yang waktu kecil dulu kita mainkan" katanya, saat memberikan sambutan hari jadi ke-67 Kecamatan Telaga Langsat, di apangan bola Makasar Desa Mandala, Kamis (28/12).

Camat Telaga Langsat, Bardamaini mengatakan terbentuknya Kecamatan  Telaga Langsat diadopsi dari sejarah terbentuknya Kabupaten HSS yaitu 2 Desember 1950. 

Menurut dia, terbentuknya Kabupaten HSS diiringi dengan terbentuknya 8 kecamatan yang salah satunya adalah Kecamatan Telaga Langsat.

"Acara peringatan hari jadi ini dimeriahkan dengan berbagai macam lomba tradisional seperti batungkau, batarik upih, balap karung, manunjul katungkang dan manunjul kulikar,"katanya. 

Selain itu, juga diselenggarakan pesta rakyat dengan stand kuliner yang menyediakan nasi kebuli serta aneka macam kue berbahan dasar gumbili.

Acara peringatan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan penyerahan bingkisan dari Bupati HSS kepada mantan camat dan kepala desa yang purna tugas .

Penyerahan bantuan dilanjutkan kepada janda veteran serta bantuan peralatan sekolah dari GNOTA dan bupati menyempatkan diri meninjau stand kuliner yang diikuti 11 desa se Kecamatan Telaga Langsat.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad bersama Wakil Ketua DPRD Rudi Maulidi, Ketua TP. PKK HSS Hj Isnaniah A Fikry, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab HSS, pimpinan perbankan, para kepala desa, anggota BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat se Kecamatan Telaga Langsat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017