Barabai, (Antaranews Kalsel)- Sebanyak 30 orang peserta dari Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2017 bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti Uji Kompetensi (UJK).

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, di Barabai, mengatakan, keikutsertaan peserta didik yang telah dilatih di Lembaga Kursusnya, sebagai sarana evaluasi setelah mengikuti pelatihan yang digelar sejak Bulan Oktober lalu.

"Alhamdulillah semua peserta kursus dapat mengikuti UJK yang digelar bersama dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) LP3i Banjarmasin, dan ini memang persyaratan program agar peserta diujikan sesuai materi yang diajarkan yaitu Operator Office, Desain Grafis dan Internet,"katanya.

Dijelaskan dia, sebelum UJK pihak dia telah melaksanakan pembekalan untuk para peserta, dengan tingkat kesulitan soal yang lumayan, diperlukan persiapan kurang lebih lima belas hari dengan mengkaji soal-soal yang ada dan kisi-kisinya.

Adapun sesuai dengan kisi-kisi UJK, maka materi Microsoft Word meliputi Identansi, kolom, tabel dan surat massal, materi excel meliputi kerangka laporan, laporan, sort dan filter serta grafik, sementara Power point meliputi pembuatan slide, grafik, struktur dan efek khusus.

Ia mengungkapkan, keseriusan peserta kursus dalam program yang dibiayai APBN ini ditandai dengan kedisiplinan dan ketekunan berlatih, walaupun berdasarkan pengalaman sebelumnya tingkat kelulusan dengan soal level tiga ini cukup berat namun tidak menyurutkan semangat para peserta didik.

Peserta didik, Firmansyah, mengatakan, merasa beruntung bisa mengikuti program pelatihan tersebut, karena mendapatkan bekal pengetahuan, baik nantinya untuk bekerja atau berwiraswasta, pengalaman mengikuti UJK dan nantinya bisa lolos menjadi kebanggaan tersendiri dan menurutnya memang harus ditempuh dengan ketekunan.

Ditambahkan dia, agar program seperti ini bisa terus berlanjut dan nantinya akan lebih banyak calon pencari kerja, sehingga memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di dunia kerja atau pun makin kreatif dalam menciptakan peluang usaha sendiri, dengan bimbingan dan arahan LKP pelaksana program.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017