Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar H. Khalilurrahman beserta istri, membuka dan meresmikan Pasar Kuliner Khas Banjar di Desa Pekauman ulu Kecamatan Martapura Timur, Kamis (28/12).

Peresmian diawali dengan pengguntingan untaian bunga yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah didampingi oleh Bupati Banjar dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

Kegiatan dihadiri, Sekda Banjar, Asisten II, Kepala Dispenda, Kepala Disperindag, Kepala Dishub,Kepala Pol PP, Kepala Diskonminfo, Camat Martapura Timur, Pembakal Desa Pekauman Ulu dan Masyarakat Setempat.

Bupati Banjar H. Kalilurrahman mengatakan bahwa dengan terbangunnya Pasar Kuliner Tradisional Khas Banjar diharapkan nantinya dapat mengangkat dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di kawasan Desa Pekauman Ulu, yang nantinya mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Martapura Timur dan sekitarnya.

Serta dapat menjadi salah satu Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Banjar, pembangunan gazebo wisata kuliner ini diharapkan dapat mempercantik lokasi transaksi, sehingga kedepannya dapat menjadi wisata susur sungai di Kabupaten Banjar.

"Saya berharap kepada semua pihak, agar turut membantu mempromosikan dan menyebarluaskan Destinasi Wisata Kuliner ini, baik melalui komunikasi langsung, dengan media sosial, maupun dengan media promosi lainnya sehingga dapat di ketahui oleh wisatawan Nusantara dan Mancanegar," Tutupnya.

Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Obyek Wisata menjelaskan Desa Pekauman adalah salahsatu desa yang akhir akhir ini cukup berkembang, dan memiliki aktivitas perekonomian masyarakat yang unik yaitu adanya proses jual beli kuliner tradisional.

Dari produsen langsung yang dimulai dari menjelang subuh hingga pagi hari, tempat produsen dan pengecer. Pembangunan Pusat Wisata Kuliner Tradisional Desa Pekauman Ulu, diharapkan dapat mempercantik lokasi transaksi, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Pada akhir acara peresmian Bupati Banjar beserta para undangan meninjau langsung  Pusat Wisata Kuliner Tradisional serta berbelanja membeli kuliner Khas Banjar yang ada di jual oleh para pedagang./

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017