Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Ratusan personel kepolisian Resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mengamankan perayaan tahun baru dengan berjaga di titik-titik strategis dan kawasan yang rawan terjadinya kemacetan.

Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Kelana Jaya di Kota Banjarbaru, Rabu mengatakan, ratusan personel yang terlibat bergabung dengan unsur dinas dan instansi terkait lainnya.

"Jumlah personel disiagakan sebanyak 100 orang dan mereka bergabung dalam posko terpadu bersama unsur dinas dan instansi terkait yang totalnya sebanyak 300 orang," ujarnya.

Ia mengatakan, khusus pengamanan menjelang tahun baru melalui operasi kepolisian dengan sandi "Lilin Intan" 2017 ditetapkan tiga pos yang dijaga personel secara bergantian.

Disebutkan, tiga pos itu yakni posko terpadu di area Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang berfungsi sebagai pos pengamanan (pospam) kepolisian dan pos pelayanan bagi penumpang.

"Dua pos lainnya merupakan pos pengamanan yang dijaga personel polisi yakni pospam Simpang Empat dan pospam Kamaratih bundaran pesawat menuju bandara," ucapnya.

Menurut dia, operasi "Lilin Intan" 2017 jajaran Polres Banjarbaru dilaksanakan sejak tanggal 22 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 merupakan kesiapan polisi mengamankan perayaan tahun baru.

Dijelaskan, pengamanan dilakukan dengan menempatkan personel polisi di pos pengamanan untuk mencegah setiap peristiwa menjelang perayaan malam tahun baru, Minggu (31/12).

"Personel siaga di pos pengamanan selama pelaksanaan operasi "Lilin Intan" dan puncaknya mengamankan malam tahun baru yang menjadi kebiasaan dirayakan banyak orang," ujarnya.

Dikatakan, potensi kerawanan yang diwaspadai adalah kemacetan arus lalu lintas maupun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat lain yang mungkin muncul kapan dan dimana saja.

"Jika terjadi kemacetan, personel di lapangan akan mengurainya sehingga arus lalu lintas bisa normal. Sedangkan gangguan kamtibmas ditindak sesuai aturan hukum," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017