Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS  menggelar kegiatan penguatan kapabilitas tenaga kesehatan Kabupaten HSS Tahun 2017.


Kepala Dinkes HSS Hj Siti Zainab, di Nagara, Selasa (19/12),  mengatakan, terkait mengenai birokrasi yang melayani, Dinkes Kabupaten HSS sebagai bagian dari birokrasi, berupaya mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten HSS.

"Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ada, kami seluruh Insan Bhakti Husada berusaha meningkatkan kompetensi diri dan memberikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),"katanya.

Menurut dia, dalam bekerja, tenaga kesehatan juga berusaha berorientasi pada visi dan misi Kabupaten HSS, sebagai salah satu bidang sosial jasa, bidang kesehatan terus berupaya bersinergi dengan berbagai lintas sektor terkait.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, oleh karena itulah, keberadaan tenaga kesehatan juga memiliki peran penting dalam pembangunan.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten HSS meningkat dengan salah satu indikatornya yaitu dari segi kesehatan dan angka harapan hidup masyarakat juga meningkat,"katanya, saat memberikan sambutan bertempat di Stadion Dr H. M. Safi'i , Daha Selatan, Selasa (19/12).

Ia memesankan, agar para tenaga kesehatan menciptakan suasana nyaman di tempat kerjanya masing-masing serta saling menjaga hubungan yang baik.

Menurut dia, dengan upaya tersebut nantinya  akan mampu menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan kerja, begitupun sama seperti tenaga bidang pendidikan, pekerjaan di bidang kesehatan lebih dekat dengan pengabdian

"Pengabdian itu punya nilai ibadah,maka untuk para tenaga kesehatan, agar memberikan edukasi ketika memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, edukasi bisa berupa penerapan pola hidup sehat dan sebagainya"katanya.

Ditambahkan dia, untuk konsep syariah yang akan diterapkan RSUD H Hassan Basry Kandangan, ia  berharap, konsep syariah juga akan diterapkan sama di RS Daha Sejahtera dan seluruh Puskesmas wilayah Daha.

Turut hadir, Inspektur Kabupaten HSS Rusma Jaya MT, Camat Daha Selatan, H A Sapuan, Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie dan jajaran SKPD terkait, direktur RS Daha Sejahtera, para kepala Puskesmas di wilayah Daha serta tenaga kesehatan se wilayah Daha.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017