Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali meraih dua penghargaan yakni, penghargaan terbaik utama dalam pengelola program terpadu P2WKSS yang diwakili Desa Teluk Labak, dan penghargaan Pratama Kecamatan Sayang Ibu (KSI) yang diraih Kecamatan Daha Utara.

Ketua Tim Pengggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten HSS PKK Hj Isnaniah Achmad Fikry, di Banjarmasin, Selasa (18/12) mengatakan, dua penghargaan yang diraih TP PKK HSS ini diserahkan Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan pada puncak Peringatan ke-89 Hari Ibu  yang di laksanakan di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

"Penghargaan ini diraih berkat kerja keras semua pihak, baik dari Kader PKK dan hasil kerja maksimal yang sudah dicapai masyarakat bekerja sama dengan para SKPD di  lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam menghadapi lomba P2WKSS ini,"katanya.

Dijelaskan dia, penghargaan ini akan selalu dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang, namun harus juga dilakukan perbaikan dan evaluasi dibeberapa bagian yang masih kurang dalam pengelolaan P2WKSS di Kabupaten HSS.

Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan, mengatakan, peringatan hari Ibu merupakan sebuah peringatan tentang kiprah dan peranan kaum perempuan dalam turut mewujudkan kemerdekaan di Indonesia.

"Sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, perayaan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember,"katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri PP dan PA RI Yahana Yempise, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (18/12) kemarin.

Dijelaskan dia, dengan adanya peringatan Hari Ibu terbukti adanya perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan.

Peringatan hari ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat, yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan dan ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar, memahami dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki,  tahun ini peringatan Hari Ibu tahun ini mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”.

Dijelaskan dia, Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945, menjamin bahwa setiap warga negara Indonesia termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017