Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan obyek wisata Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan salah satu pesona wisata Indonesia yang harus terus dikembangkan dan dipromosikan keindahannya.

Menurut Gubernur Kalsel di Banjarmasin Senin, keindahan alam Loksado harus terus digaungkan, sehingga keberadaannya bisa lebih dikenal oleh para wisatawan dalam maupun luar negeri.

"Upaya pemerintah Hulu Sungai Selatan (HSS) menyelenggarakan Festival Loksado, sangat bagus dan harus didukung oleh seluruh pihak," katanya.

Gubenur yakin, bila keindahan alam Loksado terus dipromosikan melalui berbagai program festival dan budaya daerah, suatu saat akan menjadi destinasi wisata nasional.

Sebelumnya, Gubernur menghadiri dan melepas peserta Bambo Rafting (Balanting Paring) di Loksado yang digelar Minggu (17/12).

Menurut Gubernur, pihaknya sangat bangga dan mengapresiasi upaya Bupati HSS beserta jajarannya dalam memajukan pariwisata dengan penyelenggaraan Festival Loksado 2017 ini.

"Keberhasilan dalam memajukan dan meningkatkan pariwisata dampaknya sangat positif baik bagi pertumbuhan industri UMKM, pelestarian budaya maupun kesejahteraan masyarakat,"katanya, saat memberikan sambutan di di Objek Wiswata Alam Roh Tujuh, di Desa Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten HSS.

Berkembangnya sektor pariwisata, tambah Gubernur, juga membuka lebih luas lapangan kerja baru, bagi masyarakat sekitara, sehingga kegiatan ini perlu terus dilestarikan bahkan perlu dikembangkan menjadi pesona Indonesia dari Kalsel khususnya HSS.

Kepala Bidang Destinasi dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Moh Zakir mengatakan, Bamboo Rafting diikuti sebanyak 100 tim, di mana dalam satu lanting diisi lima orang, terdiri dari tiga peserta, dan dua joki.

Menurut dia, pelaksanaan Festival Loksaado telah terlaksana dengan baik dan lancar diikuti ratusan peserta.

"Para peserta rata-rata mengaku sangat puas dan berniat untuk kembali ikut dalam event-event selanjutnya," katanya.

Menurut Zakir, para peserta baik yang datang darilokal hingga dari luar daerah, membuktikan pariwisata yang ada di kawasan Loksado makin dikenal di tingkat nasional bahkan internasional.

Festival Loksado semakin meriah dengan ditampilkannya penampilan-penampilan budaya khas dari masyarakat Dayak Meratus Loksado, yang menambah antusias peserta dalam acara Festival Loksado 2017.

Ratusan lanting telah disediakan panitia dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS untuk peserta, termasuk untuk rombongan Gubernur Kalsel yang memboyong perwakilan pejabat dari setiap SKPD di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, sangat bersyukur dengan terlaksananya dengan maksimal kegiatan Festival loksado tahun ini, terutamanya banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan.

"Persiapan kita juga lebih maksimal apalagi Gubernur Kalsel sangat mendukung dengan kegiatan ini, hal ini memotivasi kita untuk meningkatkan lagi kegiatan festival loksado," katanya.

Ke depan pelaksanaan akan disesuai dengan kondisi alam, tidak harus dilaksanakan di bulan Desember, mengingat rata-rata di akhir tahun merupakan musim penghujan sehingga kondisi air perlu diperhitungkan.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017