Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Balangan meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC), atau mendaftarkan seluruh penduduknya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan per 1 Januari 2018.
 
Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Bupati Balangan Bapak H Ansharuddin MSi dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Bapak Sugiyanto SKom MM AAK di halaman Kantor Bupati Balangan, Senin ((18/12). 

"UHC ini merupakan komitmen kami Pemerintah Daerah Balangan dalam mendukung program strategis nasional dalam hal jaminan kesehatan untuk masyarakat dan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017  bahwa pemerintah kabupaten memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS)," ujar Ansharuddin.

Sampai dengan bulan November tahun 2017 jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Balangan sebesar 49.656  jiwa atau 40% dari total jumlah penduduk yaitu 124.710 jiwa, dan Insya Allah Per 1 Januari 2018 seluruh penduduk Kabupaten Balangan terdaftar dalam program JKN-KIS atau mencapai 100% dari jumlah penduduk Kabupaten Balangan. 

Tentunya dengan jumlah peserta yang sedemikian besar maka membutuhkan pengawalan dari kita semua untuk penanganan dalam Fasilitas Kesehatan yang memadai.

Adanya jumlah Peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang semakin meningkat membutuhkan juga sarana prasarana untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Balangan.

"Untuk itu perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Balangan khususnya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPJS Kesehatan dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lainnya yang terkait, bersama-sama meningkatkan kualitas, kuantitas dan kinerjanya untuk selalu melayani masyarakat lebih baik dan lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017