Paringin, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Kalimantan Selatan,  H Ansharuddin berharap LKBN Antara sebagai kantor berita Indonesia bisa terus menjaga netralitas  dalam penyampaian berita dan selalu menjaga semangat persatuan bangsa.

Menurut Bupati, LKBN Antara di usianya yang ke 80 tahun atau kini telah mencapai sepuluh windu, diharapkan  mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi, terutama di tengah membanjirnya informasi melalui media sosial, yang tidak semuanya benar.

"Di saat-saat seperti ini, ditengah membanjirnya informasi yang belum tentu semuanya benar, kehadiran Antara, yang sejak dulu dikenal sebagai kantor berita yang memiliki kredibilitas tinggi, selalu dinantikan keberadaannya," katanya.

Menurut Bupati, masyarakat membutuhkan berita-berita positif yang menginspirasi dan membangun. 

Sehingga, keberadaan, kantor berita Antara diharapkan bisa memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa dan negara ini.

"Saat ini Antara telah mampu menyajikan berita pemersatu bangsa dan menjadi pelopor berita yang akurat dan terpercaya, ini harus terus dikembangkan," katanya.

Berita akurat dan terpercaya dimaksud, bukan hanya berita baik namun jelas cara penyajiannya, lebih mudah dimengerti dan lebih mengedepankan persatuan, sehingga tidak menjadi berita provokasi.

Pasangan Bupati Balangan, H Ansharuddin dan H Syaifullah dalam kesempatannya bersama wartawan Antara, beberapa waktu lalu mengatakan, Antara bukan hanya sebagai sebuah Lembaga Kantor Berita Nasional, namun juga sebagai saksi sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia.

Jika dibandingkan dengan media lainnya, lanjut dia, usia kantor berita Antara yang kini memasuki 80 tahun bisa dikatakan lebih tua, bahkan lebih tua dari usia Republik Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kini Antara bertekad menjadi kantor berita terbesar di Asia. Mewujudkan hal tersebut, kerja sama internasionalnya pun kian meluas. 

Antara bekerjasama denga Reuters, Bloomberg, AFP dan Xinhua dalam skema komersial. Antara juga mengadakan kerjasama dengan Bernama (Malaysia) dan Thai News Agency (TNA) melalui jaringan AMEX (ASEAN New Exchange). 

Kerja sama regional dilakukan melalui Organization of Asia Pacific News Agencies (OANA),International Islamic News Agency (IINA) di Jeddah, dan Non Aligned News Agency Pool (NANAP). Tahun 2007-2010, ANTARA dipercaya sebagai President OANA," paparnya.

Selain itu, ANTARA juga mengadakan pertukaran berita secara bilateral dengan Xinhua (China), IRNA dan MNA (Iran), MENA (Mesir), Yonhap (Korea Selatan), TAP (Tunisia), Anadolu (Turki), WAM (Uni Emirat Arab), VNA (Vietnam), Azertac (Ajerbaizan), Yonhap (Korea Selatan), BTI (Bulgaria), EFE (Spanyol), CNA (Taiwan), dan sebagainya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017