Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Desa (Pemdes) Paharangan, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar lomba jukung sudur dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS.

Sekretaris Desa Paharangan Muhammad Irwan, di Paharangan, Sabtu (16/12), mengatakan, semua rangkaian lomba berjalan dengan lancar, ditambah lagi dengan terik matahari yang sangat mendukung.

"Antusias warga setempat terlihat dari berbondong-bondong mereka untuk dapat menyaksikan lomba yang merupakan kearifan lokal yang diharapkan tetap lestari,"katanya.

Dijelaskan dia,  bahkan tak jarang warga yang melintas sengaja singgah untuk mendapatkan tontonan positif dan menarik, keberkahan pun berlanjut kepada para pedagang jajanan yang memanfaatkan ajang lomba untuk berniaga di tempat keramaian.

Dalam lomba ini diikuti oleh 16 regu peserta kelas dewasa, dan 5 regu peserta anak-anak , meskipun persaingan antar sesama regu begitu berat karna sama-sama telah berlatih, namun pemdes setempat  tetap memberikan hadiah hiburan untuk regu yang kalah.

Menurut dia, sportivitas tetap terjaga untuk menjalin keakrapan antar regu, diharapkan dia dengan adanya event ini masyarakat Desa Paharangan akan mampu menghasilkan bibit bibit atlit pedayung yang akan ikut berkompetisi di Pacu Jukung Daha 2018 dalam skala Kabupaten HSS nantinya.

Tak lupa, atas nama Pemdes Paharangan, ia mengucapkan terima kasih kepada para pemuda Paharangan dan warga yang telah ikut berpartisipasi dan membantu dalam memeriahkan lomba  hingga selesai sesuai rencana.

Warga setempat Aby Umar, mengatakan, agar lomba Jukung Sudur di desanya menjadi agenda tahunan, selain untuk menghidupkan tradisi dan kearifan lokal tetapi juga untuk memberikan wahana mendidik bagi generasi muda untuk mencintai budaya daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017