Paringin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Hadi mengungkapkan saat ini LKBN Antara menjadi salah satu media yang menjadi rujukannya untuk bisa mendapatkan informasi yang terpercaya.

Menurut dia, perkembangan media online di era tekhnologi yang cukup pesat saat ini, membawa dampak cukup positif bagi perkembangan informasi daerah maupun peristiwa lainnya.

Namun demikian, tambah dia, seiring dengan mudahnya mendapatkan informasi, banyak juga informasi yang kurang bisa dipertanggungjawabkan bahkan tanpa bisa mengonfirmasi kebenaran dari peristiwa tersebut.

Sehingga, tambah dia, masyarakat pun juga harus pandai memilih dan memilah, setiap informasi yang beredar baik di media online maupun sosial media.

"Di saat seperti itu, Antara menjadi salah satu media yang selalu kami percaya kebenaranya, sehingga saya berharap kepercayaan tersebut terus bisa dijaga," katanya.

Menurut dia, di saat banyak informasi  bohong atau "hoax", maka diharapkan LKBN Antara bisa menjadi benteng sebagai rujukan dari kebenaran informasi yang berkembang.

Sejak beberapa tahun terakhir, tambah dia, perkembangan internet cukup pesat, bahkan kebutuhan kuota internet jauh lebih besar dibanding kebutuhan kuota pulsa.

Ini membuktikan banyaknya warga yang berselancar atau memilih kebutuhannya di dunia maya, baik berupa bisnis, bersosial, mencari ilmu pengetahuan, bahkan informasi dan berita-berita yang sedang ramai dibincangkan maupun yang ingin mereka cari.

"Bukan hanya situs berita yang belum jelas kepastiannya, bahkan terkadang informasi di dunia sosial yang hanya menduga-duga atau sekadar berasumsi, dijadikan warga sebagai sebuah informasi yang akurat, ini sangat berbahaya bagi persatuan dan stabilitas warga itu sendiri," ujarnya.

Menurut Ketua DPRD, pada HUT ke-80 atau sepuluh windu LKBN Antara, pada 13 Desember 1937 - 13 Desember 2017, diharapkan Antara bisa terus berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi, tanpa meninggalkan jatinya dirinya sebagai kantor berita pemerintah, yang berfungsi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

Bagi warga Balangan, tambah dia, Antara sudah menjadi bagian hidup untuk mendapatkan berbagai informasi terkini dengan akurat.

Ia menambahkan, masyarakat Balangan pun kini telah ramai mengakses berita-berita resmi di Antara, seperti layaknya masyarakat dunia, ketika ada informasi maupun berita yang sedang ramai dibincangkan, Antara akhirnya menjadi acuan atau rujukan pembaca untuk mengetahui apakah berita itu memang memiliki kebenaran atau tidak.

"Apalagi, kini berita di Antara sering disajikan dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, agar masyarakat dunia juga dapat mengetahui informasi yang utuh dan kredibel tentang Indonesia," katanya.

Pewarta: Rolly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017