Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan gerakan menanam cabai dan tanaman produktif lainnya di pekarangan rumah seluruh kader PKK di seluruh daerah Kalimantan Selatan.

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Raudhatul Jannah Sahbirin Noor di Banjarmasin Kamis mengatakan, kini pihaknya terus berupaya menyosialisasikan gerakan penanaman pohon produktif dan ekonomis kepada seluruh kader PKK.

Melalui gerakan tersebut, tambah dia, akan membantu berbagai persoalan di daerah, terutama ketersediaan pangan, menekan laju inflasi, sekaligus menyukseskan program gerakan revolusi hijau.

Gerakan tersebut, tambah dia, juga merupakan salah satu bukti dukungan PKK terhadap program pemerintah, yaitu Revolusi Hijau.

"Selama ini kita adalah kader organisasi mitra pemerintah daerah, sehingga kita berkewajiban ikut menyosialisasikan gerakan menanam pohon atau tanaman bermanfaat," katanya.

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia

"Kami dari Tim Penggerak PKK Provinsi, kabupaten dan kota, Kelurahan sampai desa, terus menyosialisasikan pentingnya penanaman pohon di mana pun, terlebih pada halaman pekarangan rumah," katanya.

Ditemui di sela kegiatan penanaman pohon di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, istri Gubernur Kalsel ini menjelaskan, upaya melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon dan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat salah satu program utama PKK.

Menurut dia, penanaman pohon atau tumbuh-tumbuhan bermanfat seperti tanaman obat obat keluarga memberikan multi efek bagi masyarakat.

"Minimal pada pekarangan rumah kita ada tanaman cabai atau tanaman sejenis," katanya.

Tanaman tanaman seperti itu jika dikelola secara baik akan menambah penghasilan bagi ekonomi keluarga, di samping untuk keperluan keluarga sendiri.

PKK Kalsel terus mendorong para kader dan masyarakat untuk menggalakkan penanaman pohon atau tumbuhan yang memberikan manfaat.

Raudhatul Jannah juga berharap gerakan revolusi hijau ini akan merambah sampai ke tingkat lingkungan keluarga di tempat manapun.

Gerakan revolusi hijau memberikan dampak positif bagi kelestarian alam di samping bisa menambah pendapatan keluarga.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017