Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menerima penganugerahan dan penghargaan Dana Rakca Award 2017 dari Presiden RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di aula Dhanapala Kantor Kementerian Keuangan di Jakarta.

Kepala Bagian Humas Pemkab Tabalong Zahirsyah Manuar di Tanjung, Kamis mengatakan, penghargaan ini diberikan karena kinerja pemerintah daerah di bidang keuangan dinilai bagus dan memuaskan.

"Untuk Provinsi Kalimantan Selatan hanya Kabupaten Tabalong yang menerima penghargaan ini," ujar Zahirsyah menjelaskan.

Terpisah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyampaikan karena prestasinya dalam pengelolaan keuangan Pemkab Tabalong pun mendapat reward dari dari pemerintah pusat berupa dana pembangunan sebesar Rp50 miliar.

"Penghargaan ini bukan tujuan utama kita namun prestasi ini jadi motivator untuk terus bekerja lebih baik," ucapnya.

Anugerah Dana Rakca Award 2017 sendiri diterima langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama enam kepala daerah lainnya di Indonesia.

Dana Rakca Award 2017 sendiri digelar sebagai acuan para kepala daerah untuk memacu kegiatan perekonomian daerah mengingat dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) meningkat sewtiap tahunnya.

Karena itu penggunaannya harus diseimbangkan dengan pencapaian pembangunan daerah dengan meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penyerahan penghargaan sendiri bersamaan acara sosialisasi dana transfer ke daerah dan dana desa bagi kepala daerah.

Sementara itu realisasi dana desa di Kabupaten Tabalong saat ini sebesar Rp104,5 miliar baik yang bersumber dari APBN maupun APBD 2017. 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017