Paringin, (Antaranews Kalsel) - PT Adaro Indonesia, terus berkomitmen  menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan atau dikenal Corporate Social Responsibility (CSR), di wilayah operasionalnya, Kabupaten Balangan dan Tabalong, di Provinsi Kalimantan Selatan.

CSR tersebut diantaranya bantuan air bersih. Kolaborasi program Pamsimas dan CSR PT Adaro Indonesia, bersepakat untuk berbagi peran dalam pembangunan sarana dan prasarana air bersih yang dilaksanakan dari dana CSR daro. 

Daerah yang mendapatkan program tersebut, Desa Lalayau, RT 5, yang wilayahnya cukup terisolir, karena cukup berjarak dengan RT lainnya, kerap mengalami kendala keperluan air bersih. Sehingga wilayah tersebut menjadi sasaran pembangunan sarana dan prasarana ari bersih PT Adaro Indonesia.

Pelaksanaan program kolaborasi tersebut mulai berjalan dengan dana  sebesar Rp150 juta  untuk membangun tiga unit tower air berkapasitas masing-masing 3000 liter. 

Pipa HDPE (kualitas terbaik), sepanjang 731 Meter menuju rumah warga, juga dipasang. Sebagai sumber air, turut dibangun sumur bor sedalam 30 meter sejak dua tahun silam, sehingga saat kemarau panjang, kualitas air di sumur tersebut tidak menurun.

Saat ini, dari 94 target SR terpasang, sudah 74 SR terpenuhi. Menurut CSR Section Head PT Adaro Indonesia, Sri Armiyati Jarkasi, program ini merupakan kolaborasi antara Adaro dan Pamsimas.

"Sejak tahun 2016, kita menjadi mitra pamsimas. Kebetulan, pada saat koordinasi bersama, kita sepakati bahwa pengerjaan SR di RT 5, bakal dikerjakan Adaro," jelasnya.

Selain itu, kata Sri, program yang sama juga menyasar wilayah Desa Lamida Bawah, dan Desa Bata di Balangan. 

"Hal tersebut dilaksanakan, selain mempercepat pemerataan akses warga terhadap air bersih, juga bentuk komitmen Adaro, untuk terus bersama masyarakat mencapai sejahtera," pungkasnya. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017