Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Kotabaru Sayed Jafar bertekad menyukseskan agenda prioritas pembangunan (nawacita), terutama meningkatkan kualitas hidup manusia, sehingga diperlukan penguatan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga melalui Kampung KB.

Hal itu disampaikan bupati saat mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Gendang Timburu, Kecamatan Sungai Durian, Kamis.

"Pencanangan Kampung KB di Desa Gendang Timburu ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan yang sangat direspon oleh Presiden RI Joko Widodo," katanya.

Tujuannya adalah, untuk meningkatkan peran pemerintah dan non pemerintah serta pihak swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta meningkatkan ketahanan keluarga melalui bina keluarga balita, bina keluarga remaja.

"Pencanangan Kampung KB di Desa Gendang Timburu ini merupakan program pemerintah dalam menyukseskan keluarga bahagia dan sejahtera," kata bupati.

Karena target pemerintah saat ini berusaha menurunkan angka kemiskinan dengan menyadarkan keluarga usia subur, memahami dan ikut peserta KB.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan pencanangan Kampung KB di Kabupaten Kotabaru dilaksanakan di seluruh kecamatan, tujuannya untuk menurunkan atau mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Dalam rangka untuk mensukseskan program KB melalui Kampung KB ini maka saya harapkan kepada seluruh kepala SKPD di Kabupaten Kotabaru untuk mendukung dan mengambil bagian serta berkontribusi sehingga pencanangan Kampung KB di masing-masing kecamatan dapat menjadi nyata perubahannya menuju arah yang lebih baik," katanya.

Bupati juga berharap dengan adanya Kampung KB mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kotabaru pada umumnya.

Juga kepada seluruh pihak terkait, Sayed mengharapkan dukungannya karena program Kampung KB ini tidak akan dapat berjalan dengan sukses apabila tidak ada kerjasama dan sinergisitas dari kita semua.

"Tidak lupa saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat turut mensukseskan pencanangan Kampung KB dengan dimulai dari keluarga kita masing-masing. Dengan KB hidup bisa lebih sejahtera," demikian Sayed Jafar.

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017