Paringin, (Antaranews Kalsel) - Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di "Bumi Sanggam" julukan Kabupaten Balangan, pemerintah setempat terus memberikan fasilitas warganya pendidikan formal dan non-formal.

Upaya tersebut, selain memberikan beasiswa, peningkatan kualitas pendidikan, bahkan berbagai pelatihan, yang juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan warga yang berdaya saing.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan, Haryono menjelaskan, peningkatan SDM bertujuan pula untuk menekan angka pengangguran sekaligus mempersiapkan masyarakat agar mampu meningkatkan kesejahteraannya masing-masing.

"Saat ini pemerintah menggalakkan program pelatihan kerja yang fokus di Balai Latihan Kerja (BLK) Batumandi, hal ini tidak terlepas dari upaya kita meningkatkan SDM Balangan," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan, Haryono.

Keberadaan BLK saat ini, sangat strategis dalam sinergitas pemerintah dan masyarakat dalam peningkatan SDM, khususnya bidang ketenagakerjaan.

Dikatakan, BLK sebagai salah satu wujud kepedulian bersama terhadap kondisi ketersediaan lapangan kerja dan bursa kerja. Di BLK, masyarakat akan dibina dan didik agar menjadi masyarakat yang memiliki daya saing, agar mampu bekerja serta memiliki kemampuan menciptakan peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Balangan.

"Para pencari kerja harus memiliki skill dan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja yang ada, sehingga siap menjadi tenaga kerja yang terampil dan siap pakai seperti apa yang diharapkan," imbuhnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017