Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Relawan Pendidikan Indonesia Mengajar Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten HSS, menggelar kegiatan Ruang Berbagi Ilmu Hulu Sungai Selatan (RuBI HSS).

Panitia Penyelenggara RuBI HSS, Widodo, di Tibung Raya, Jumat (17/11), mengatakan, RuBI merupakan gerakan kerelawanan, yang mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang, untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas penggerak pendidikan di seluruh Indonesia.

"RuBI hadir sebagai salah satu sarana meningkatkan kualitas Penggerak Pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah, mendorong para Penggerak Pendidikan untuk terus mengembangkan dan saling berbagi ilmu kepada rekan sejawat, serta membangun jejaring relawan yang peduli terhadap pendidikan Indonesia," katanya.

Dijelaskan dia, RuBI menyadari bahwa kemajuan pendidikan Indonesia harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melihat latar belakangnya.

Menurut Widodo siapa saja dapat terlibat dalam pelaksanaan RuBI, yang kemudian akan berproses bersama dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kegiatan RuBI kali ini melibatkan 14 relawan panitia, 24 relawan narasumber dan dokumentator, serta 173 peserta yang terdiri atas guru SD se Kabupaten HSS, berlangsung selama dua hari yaitu  17-18 Nopember 2017.

Bupati HSS H Achmad Fikry MAP, mengatakan,  atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, ia mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya RuBI.

"Diharapkan nantinya bisa diterapkan bagaimana berbagi ilmu dengan baik, sehingga nanti kualitas pendidikan di HSS bisa lebih baik," kata bupati, dalam sambutannya saat membuka kegiatan RuBI, di  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tibung Raya, Kandangan, Jumat (17/11) pagi.

Bupati berpesan kepada para pengajar agar bisa mengelola proses belajar mengajar, pelatihan yang didapat selama dua  hari dalam RuBI relatif singkat.

Untuk itu, Ia mengharapkan agar para peserta menerima ilmu yang diberikan narasumber dengan baik dan  tetap menggelorakan semangat untuk bisa berbagi kemampuan,

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada para relawan, yang  meluangkan waktu, tenaga dan pikiran, untuk terus berupaya mencerdaskan anak bangsa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017