Rantau (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, membangun sentral pengembangan dan budi daya ikan lokal, antara lain ikan gabus atau haruan yang semakin sulit untuk didapatkan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tapin H Bastian di Rantau Rabu mengatakan, salah satu upaya mendukung pengembangan sentral budi daya ikan lokal tersebut adalah dengan penebaran bantuan bibit ikan lokal di Desa Pabaungan Pantai Kecamatan Candi Laras Selatan.

Menurut Bastian, penebaran ikan lokal jenis gabus ini sebagai upaya untuk mendukung Desa Pembauangan Pantai sebagai sentral serta pelestarian ikan lokal Gabus di Kabupaten Tapin dan Kalsel

"Hari ini kita bersama bapak Bupati dan unsur Muspika Kecamatan Candi Laras Utara (CLU) menebar sebanyak 100 kilogram ikan gabus guna meningkatkan produksi dan pelestarian ikan tersebut," katanya.

Penyebaran ikan-ikan tersebut dilakukan di embung-embung dan sumur-sumur warga, dengan harapan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita ingin setiap rumah bisa memelihara 80 ekor ikan gabus, karena selama ini, ikan gabus yang dijual di pasar rantau kebanyakan berasal dari desa Pabaungan Pantai ini," ujar Kadis lagi.

Bupati Tapin H Arifin Arpan mengatakan merasa bangga dengan masyarakat Pabauangan Pantai karena peduli dengan kelestarian ikan lokal gabus.

"Desa Pabaungan Pantai ini adalah penghasil ikan gabus terbesar di Tapin, semua ikan gabus yang berada di pasar-pasar di Tapin merupakan hasil produksi dan tangkapan dari desa ini," kata Bupati.

Bupati mengingatkan, agar masyarakat tidak melakukan eksploitasi ikan secara tidak wajar yang bisa berdampak rusaknya lingkungan dan kelangsungan habitat ikan lokal sendiri.

"Mari kita dukung program pemerintah ini dengan tidak mengeksploitasi ikan dengan perilaku yang melanggar hukum seperti penyetruman, meracun, dan lainnya," pesan Bupati.

Menurut Bupati, rusaknya lingkungan kadang berasal dari perilaku manusia sendiri, sehingga perlunya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

"Kalau ingin hasil tangkapan ikannya melimpah, maka jaga habitatnya demi kesejahteraan kita semua," kata Arifin.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017